Hati-hati, Jenis Minuman Ini Dapat Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

Hati-hati, Jenis Minuman Ini Dapat Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

PrimaBerita โ€“ Di tengah pandemi seperti sekarang ini kekebalan tubuh harus dijaga sehingga ada baiknya untuk menghindari beberapa jenis minuman yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Karena sistem kekebalan tubuh bertanggungjawab atas imunitas serta sebagai pertahanan ancaman penyakit yang bisa datang kapan saja.

Sebenarnya, apapun yang masuk ke dalam mulut, baik berupa makanan maupun minuman dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Ada yang bisa membantu meningkatkan serta ada pula yang justru dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Maka seseorang perlu cermat dalam mengonsumsi sesuatu.

Lihat Juga: Ingin Panjang Umur? Coba Simak Kebiasaan Sehat Ala Orang Jepang

Oleh karena itu yuk langsung saja cek jenis minuman apa saja yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia.

Jenis Minuman yang Dapat Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

Minuman Beralkohol

Kebiasan meminum minuman beralkohol tentu tidak bagi kesehatan, bahkan bisa mengganggu daya tahan tubuh. Healthline menyebutkan alkohol dapat mempersulit sistem kekebalan tubuh.

Alkohol disebut mempunyai ragam dampak buruk bagi tubuh, termasuk pada semua sel kekebalan tubuh. Sehingga bisa menyebabkan peningkatan resiko infeksi yang serius. Apalagi bagi organ paru-paru.

Sementara bagi usus, alkohol dapat memicu peradangan bahkan menghancurkan bakteri baik yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh manusia.

Soda

Minuman bersoda merupakan salah satu jenis minuman yang kurang baik bagi kesehatan. Menurut Hyperbiotics, minuman bersoda kaya akan bahan-bahan buatan termasuk seperti pemanis buatan aspartam.

Penelitian menujukkan bahwa bahan seperti itu mampu mengurangi kemampuan bakteri baik di dalam usus serta menimbulkan efek buruk bagi metabolisme glukosa. Sehingga keduanya mampu menurunkan kemampuan tubuh dalam merespon potensi ancaman penyakit.

Minuman Tinggi Gula

Meski jenis minuman seperti ini banyak tersedia di pasaran dengan bentuk kemasan, sebaiknya anda perlu lebih cermat. Sebab sebuah penelitian yang dipublikasi oleh Web MD menunjukkan bahwa mengonsumsi 8 sendok gula dapat menurunkan kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman. Oleh karena itu gula diklaim mampu menekan sel kekebalan tubuh manusia.

Add a Comment