Pilkada 2020 Diharapkan Berjalan Tanpa Politik Uang

Pilkada 2020 Diharapkan Berjalan Tanpa Politik Uang

PrimaBerita – Pilkada serentak yang rencananya digelar 9 desember 2020 nanti diharap berjalan dengan jujur, adil, dan tanpa adanya politik uang. Hal tersebut sebagaimana yang diinginkan oleh ketua KPK, Firli Bauhari.

Ia mengatakan demikian usai melaksanakan rapat koordinasi pencegahan korupsi serta pilkada bersih dengan seluruh kepala daerah yang ada di provinsi Lampung, (06/08/2020).

“Kita ketahui banyaknya korupsi di negeri ini karena biaya politik yang terlalu tinggi. Di Lampung ada 8 kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada dan kami sudah bertemu KPU. Dan Bawaslu serta Pemda setempat tentu ingin menjamin pilkada berjalan dengan adil, bebas dari politik uang,” terang dia.

Baca Juga: Pilkada Serentak Juga Akan Diikuti Oleh Zona Merah

Ia juga mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya politik uang di pilkada serentak, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan pertemuan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), mendagri, serta Bawaslu RI. Hal tersebut guna membuat kesepakatan dalam melancarkan aksi pilkada yang bersih di setiap daerah atau wilayah.

“Kita harapkan di semua daerah pilkada dapat berjalan adil, jujur, dan jauh dari kecurangan,” katanya.

Sebab dengan adanya pilkada bersih. Ke depannya RI dapat menghasilkan pemimpin daerah yang bisa mewujudkan tujuan negara sebagaimana yang tertuang di dalam alinea ke-4 UUD 1945. Yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia seluruh tumpah darah Indonesia memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selain itu lanjut dia, KPK juga akan membangun koordinasi dengan sejumlah instansi dalam upaya membantu tindak pemberantas korupsi. Di samping melakukan monitoring terkait pelaksanaan program pemerintah negara seperti pemilihan kepala daerah nanti.

“Kita bangun itu karena sepakat bahwa seluruh elemen masyarakat paham betul bahwa pilkada tidak boleh ada kegiatan politik uang,” ungkap ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).

Terkait pilkada yang diharapkan dapat berjalan lancar tanpa adanya politik uang. Sebelumnya, pilkada serentak akan dilakukan di RI pada tanggal 9 desember 2020. Adapun total daerah yang akan mengikutinya yakni sebanyak 270 daerah di tanah air.

Add a Comment