Udang Ekuador di China yang Terpapar Covid-19 Dilarang Impor

Udang Ekuador Dilarang Impor

PrimaBerita – Udang dari perusahaan Ekuador untuk sementara dilarang China untuk di impor setelah diketahui terpapar virus corona atau covid-19.

Administrasi Umum Bea Cukai, Bi Kexin dalam konferensi pers mengatakan. Sampel yang diambil dari kemasan udang Whiteleg yang diimpor di pelabuhan Dalian dan Xiamen terpapar virus. Bi mengatakan jejak virus pada udang tidak menularkan produk lain.

Mengutip AFP, otoritas kepabean China untuk sementara melarang impor produk dari tiga perusahaan Ekuador yang hasil tes produknya positif.

Pengawasan terhadap makanann impor di China menjadi diperketat oleh pihak otoritas setelah munculnya klaster baru virus corona di Pasar Xinfadi, Beijing bulan lalu.

Selain udang Ekuador yang dilarang di impor, China juga telah melarang impor produk makanan dari sejumlah negara. Termasuk unggas dari Amerika Serikat dan daging dari Jerman.

Bi mengatakan otoritas bea cukai China telah menguji lebih dari 220 ribu sampel produk makanan, kemasan, dan lingkungan di sekitar mereka sejak ditemukan klaster corona dari pasar Xinfadi.

Ratusan kasus baru Covid-19 berasal dari pasar Xinfadi pada pertengahan Juni lalu menjadi ancaman gelombang kedua penularan virus corona di China.

Komisi kesehatan nasional di Beijing juga segera melakukan penyelidikan asal mula kemunculan kasus corona di pasar itu yang diyakini berasal dari sebuah talenan pemotongan ikan salmon. Sejak itu, pemerintah China menangguhkan impor salmon untuk sementara waktu.

Sejak pertengahan Juni lalu, China dilaporkan telah memeriksa lebih dari 10 juta penduduk Beijing demi menyetop rantai penularan corona.

Padahal sejauh ini Negeri Tirai Bambu dinilai berhasil menekan laju penularan virus corona. Dengan sejumlah strategi seperti penerapan isolasi parsial atau penguncian wilayah (lockdown) lokal dan melakukan pemeriksaan virus secara masif.

Add a Comment