Cara Mengolah Makanan Kolesterol Tinggi di Hari Raya Idul Adha

cara mengolah makanan kolesterol tinggi

PrimaBerita – Hari Raya Idul Adha identik dengan beragam sajian makanan yang mengandung kolesterol tinggi anda harus melakukan beberapa cara untuk mengolah makanan tersebut.

Meski olahandaging lezat, jika dikonsumsi secara rutin makanan kolesterol tinggi ini tentu tidak baik untuk kesehatan, salah satunya  memperburuk kesehatan jantung dalam jangka waktu yang panjang.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, dalam 100 gram daging kambing terdapat kandungan lemak total sejumlah 9,2 gram dan kolesterol 70 mg, sedangkan daging sapi mengandung lemak total sejumlah 14 gr dan kolesterol 70 mg.

Untuk itu, agar tak perlu khawatir dihantui makanan kolesterol tinggi, ketahui bagaimana menyiasati cara mengolah daging serta memperhatikan jumlah porsi yang dikonsumsi.

Berikut cara mengolah makanan kolesterol tinggi di Hari Raya Idul Adha

Buang lemak yang terlihat

Sebelum mengolah daging, potong dan buang lapisan lemak yang terlihat di permukaan daging. Langkah ini cukup efektif untuk mengurangi jumlah lemak jenuh yang dimasak dan berpotensi meningkatkan kolesterol jika dikonsumsi.

Membuang air rebusan pertama

Merebus daging sapi kerap dilakukan untuk mendapatkan tekstur daging yang lebih lembut dan juga kaldu. Namun, pada air rebusan pertama daging biasanya mengandung banyak lemak, maka dari itu sebaiknya kamu buang air rebusan yang pertama dan merebusnya kembali.

Membuang air rebusan pertama tidak akan membuang kaldu daging jika dilakukan dengan benar. Lakukan rebusan pertama dalam air mendidih sehingga juice (sari daging) tetap terkunci dalam daging. Setelah itu, pada rebusan kedua gunakan air dingin agar juice keluar.

Dengan begitu, selain melembutkan dan mengurangi kadar lemak pada daging, air kaldu yang diperoleh pun akan lebih jernih dan bebas lemak.

Sajikan dengan kuah bening, dipanggang, atau bakar

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, mengombinasikan santan dengan menu olahan daging dapat meningkatkan jumlah lemak pada masakan. Nah, sebagai alternatif, anda bisa memasak daging dengan cara dipanggang, dibakar atau menyajikannya dalam kuah bening tanpa santan. Seperti daging panggang, sate, steak, serta soto atau sop daging dengan kuah bening.

Tumis atau goreng dengan minyak sehat

Bila ingin membuat menu sajian daging dengan cara menggoreng atau menumis, gunakanlah minyak yang lebih sehat dan rendah lemak jenuh seperti minyak zaitun atau minyak kanola.

Pasalnya, minyak mempunyai titik didih dan titik asap tertentu. Minyak goreng yang baik tentu memiliki titik asap tinggi sehingga lebih stabil ketika dipanaskan. Kestabilan minyak dan tinggi titik asap menunjukkan seberapa rekat kandungan asam lemak di dalamnya.

Semakin rekat asam lemaknya akan semakin sulit memecahkan asam lemak saat dipanaskan.

Kombinasikan menu daging dengan kacang-kacangan dan sayuran

Kombinasikan sajian daging merah dengan makanan pelengkap yang menyehatkan, seperti sayuran atau kacang-kacangan dapat menjadi trik untuk menurunkan kadar kolesterol yang diserap tubuh setelah mengonsumsi makanan berlemak.

Add a Comment