4 Makanan Sehat Penurun Asam Urat, Bisa Dikonsumsi Tiap Hari

jenis makanan penurun asam urat

PrimaBerita – Ada beberapa jenis makanan penurun asam urat yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Penyakit asam urat umumnya sering ditemui pada orangtua yang sudah memiliki usia lanjut atau lansia.

Penyakit ini merupakan salah satu bentuk dari artritis yang terjadi akibat terlalu tingginya kandungan/kadar asam urat di dalam darah.

Oleh karena itu terbentuklah kristal-kristal yang menumpuk di area persendian anda, yang kemudian memicu rasa nyeri.

Dengan demikian, apa sajakah jenis-jenis makanan tersebut?

4 Jenis Makanan Sehat Penurun Asam Urat

Buah Cherry (Ceri)

Menurut beberapa penelitian, buah ceri cukup ampuh dalam mencegah sekaligus meredakan serangan penyakit asam urat yang sering diderita oleh pada orangtua.

Dengan demikian, dianjurkan untuk setidaknya mengonsumsi jenis buah ini sebanyak 3 porsi selama 2 hari berturut-turut.

Anda bisa memakan langsung buah ceri yang masih segar. Selain itu, buah ceri dalam bentuk jus maupun ekstrak buah ceri juga bisa menjadi alternatif cara mengonsumsi lainnya.

Buah Apel

Buah yang banyak disenangi orang ini ternyata diyakini bisa sebagai makanan penurun asam urat. Kemungkinan karena kandungan malic acid yang terkandung di dalam buah apel.

Dan memang belum banyak studi dan riset yang dilakukan terhadap buah apel untuk penyakit asam urat.

Akan tetapi setidaknya mengonsumsi 1 buah apel setiap hari sangat bermanfaat bagi kesehatan. Asalkan tak dibarengi dengan mengonsumsi gula yang berlebihan.

Jahe

Bagi ibu rumah tangga, jahe merupakan bumbu atau bahan masakan yang sangat akrab di dapur.

Ternyata rempah yang satu ini bukan hanya difungsikan sebagai pelengkap bahan masakan saja, melainkan bisa mengatasi aneka peradangan.

Penderita asam urat dianjurkan supaya mengonsumsi air rebusan jahe setidaknya 3 cangkir per hari demi mengurangi kadar zat yang bersarang dalam tubuh.

Bisa juga mengompres air jahe selama 15 – 30 menit dan melekatkan pada bagian tubuh yang mengalami gejala asam urat.

Selain itu, jika anda memutuskan untuk mengonsumsi jahe, hal ini mampu menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Khususnya bagi seseorang yang sedang mengalami hiperurisemia.

Seledri

Meski seledri kerap digunakan sebagai pencegahan atas keluhan yang berkaitan dengan saluran kemih. Akan tetapi bahan masakan yang satu ini berkhasiat dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Walau disarankan untuk mengonsumsi seledri ini, tidak ada saran khusus mengenai porsinya berapa kali harus dikonsumsi setiap hari.

Pastikan saja bahwa anda mengonsumsi seledri dalam jumlah yang cukup setiap hari. Anda bisa membuat jus seledri misalnya.

Add a Comment