4 Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Penyakit Hepatitis

4 Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Penyakit Hepatitis

PrimaBerita – Salah satu yang paling umum yang bisa menyebabkan penyakit hepatitis yaitu terinfeksi virus, maka jangan pernah untuk menganggap remeh penyakit ini. Penyakit hepatitis merupakan sebuah situasi peradangan pada bagian hati akibat toxin.

Menurut informasi Organisasi Kesehatan Dunia, setidaknya sebanyak 325 juta orang di dunia mengidap penyakit hepatitis B dan hepatitis C. Dibandingkan hepatitis jenis lainnya yang cukup rendah.

Dalam ragam kasus, penyebab hepatitis bisa disebabkan oleh kondisi lain seperti penerapan gaya hidup yang asal-asalan (buruk) atau melupakan pola kebiasaan yang sehat. Jika tidak ditangani lebih lanjut, hepatitis bisa sangat membahayakan bagi tubuh.

lihat lainnya: WHO: Virus Corona (COVID-19) Jangan Dijadikan Politisasi

Lantas, pola kebiasaan seperti apa yang bisa menyebabkan penyakit hepatitis?

a. Makan makanan sembarangan

Jajan sembarangan merupakan salah satu pemicu kemunculan resiko penyakit hepatitis atau yang menyebabkan penyakit hepatitis A. Jika demikian, cobalah untuk berpikir ulang saat anda menyantap jajanan/camilan sembarangan. Sebabnya, makanan-makanan maupun minuman yang sudah terkontaminasi akan memicu virus hepatitis A masuk ke dalam tubuh. Anda bisa memilih untuk membuat sendiri camilan sehat di dalam rumah.

b. Kecanduan alkohol

Sering mengonsumsi alkohol menjadi penyebab umum dari penyakit hepatitis. Bagi dunia medis, hepatitis yang dihasilkan dari pola hidup yang sering mengonsumsi alkohol dinamakan hepatitis alkoholik. Jika semakin parah, kondisi ini akan berkembang menjadi sirosis yang bisa berujung fatal.

c. Aktivitas hubungan intim yang bebas

Seringkali orang tidak menghiraukan aktivitas terlarang ini. Padahal dampak dari kegiatan seksual bebas malah bisa menyebabkan hepatitis. Adapun hepatitis berjenis A, B, dan C sama sama bisa ditularkan melalui hubungan badan yang terlalu bebas. Karena virus bisa tinggal dalam cairan tubuh manusia, seperti cairan rektum, sperma, vagina, bahkan dalam darah. Hindarilah supaya anda mengecilkan resiko penyakit hepatitis.

d. Hobi menato bagian tubuh

Tato merupakan sebuah kegiatan beken yang banyak dilakukan kawula muda. Akan tetapi hampir seluruh dari mereka tidak mengetahui bahwa kegemaran menato dibagian tubuh bisa sangat berbahaya. Bahayanya terletak pada jarum suntik tato yang digunakan. Apakah jarum suntik steril atau tidak maupun penggunaan jarum suntik tato yang secara bergantian. Maka jika jarum suntik yang digunakan tidak steril penularan virus hepatitis B bisa masuk ke dalam tubuh manusia melaui kontak darah.

Add a Comment