Pertolongan Pertama Pada Orang yang Serangan Jantung

penanganan serangan jantung

PrimaBerita – Pertolongan pertama pada kasus serangan jantung. Ada banyak sekali kasus pasien serangan jantung yang bisa kita temui dalam sehari-hari, tetapi kita belum mengetahui cara pertolongan pertamanya dengan baik agar bisa menyelamatkan nyawa si penderita serangan jantung.

Serangan jantung bisa menyerang siapa aja tak terkecuali anak-anak. Jadi jangan pernah menyepelekan setiap gejalanya. Anda bisa melihat di bawah ini pertolongan pertama pada kasus serangan jantung.

Gejala Serangan Jantung

Gejala yang bisa dikenali diantaranya yaitu:

  1. Dada terasa nyeri, sakit, tertekan, dan sesak selama beberapa menit.
  2. Keringat dingin
  3. Nyeri dada menjalar ke leher hingga punggung, rahang, dan tulang dada.
  4. Nyeri ulu hati
  5. Detak jantung sangat cepat dan tidak beraturan
  6. Mual dan muntah
  7. Gangguan pencernaan
  8. Badan terasa lemas dan pusing

Penanganan terhadap pasien serangan jantung tentu lebih hati-hati dan tidak boleh asal-asalan. Sebab jika lengah sedikit saja, maka penderita bisa meninggal.

Langkah pertolongan pertama serangan jantung yang bisa kita lakukan adalah:

  • Tenangkan pikiran pasien dengan duduk istirahat dari apa yang dikerjakan sebelumnya. Bisa duduk di kursi ataupun di lantai, bisa juga bersandar pada dinding/tembok.
  • Lalu longgarkan semua pakaiannya.
  • Jika sebelumnya sudah pernah mendapat resep nitrogliserin dari dokter, segeralah berikan. Caranya dengan meletakkan tablet di bawah lidah.
  • Jika pasien memiliki alergi atau riwayat pendarahan, pasien dapat diberikan aspirin 325 mg supaya dikunyah pasien.
  • Hubungi rumah sakit terdekat.
  • Segera lakukan RJP (Resusitasi Jantung Paru) setelah menghubungi UGD rumah sakit terdekat. Jika pasiennya adalah anak-anak dan sampai tidak sadarkan diri, maka coba lakukan selama satu menit sebelum menghubungi UGD. Cobalah menelepon tetangga/kerabat untuk membantu anda, tetapi jangan meninggalkan pasien sendirian.
  • Berikan persuasi positif kepada si pasien sambil menunggu kedatangan ambulance. Jangan pernah menunggu gejala berlalu untuk memanggil bantuan.

Baca : Gejala Infeksi Ginjal Yang Bisa Anda Kenali Mulai Sekarang

Ketika sudah sampai di UGD atau di rumah sakit, biarkan dokter ahli jantung untuk menangani pasien dan memeriksa kondisinya.

 

Lihat  Juga Bahaya Mengonsumsi Junk Food Setiap hari

Add a Comment