Kram Perut Saat Datang Bulan, Bagaimana Mengatasinya?

kram perut saat datang bulan

PrimaBerita – Kram perut yang terjadi pada perempuan saat sedang datang bulan merupakan hal sudah dianggap biasa terjadi. Rasa nyeri atau sakit yang datang tentu berbeda-beda. Beberapa perempuan mungkin tidak terlalu merasakan sakitnya, tetapi ada juga beberapa yang sampai mengganggu aktivitasnya seharian.

Dalam bahasa sehari-harinya, rasa nyeri ini disebut juga dengan masa senggugutan. Biasanya, para wanita yang sedang merasakan kondisi kram perut bagian bawah akibat haid (datang bulan) sering terbawa emosi serta mood naik turun.

Kontraksi ini terjadi karena supaya selama masa periode lapisan rahim bisa mengalirkan darah menstruasi. Hormon prostaglandin juga memicu kontraksi otot rahim. Sehingga jika lebih tinggi tingkat hormonnya maka rasa sakit akan semakin parah untuk dirasakan. Rasa sakit ini bisa diiringi oleh mual, diare, hingga sakit kepala.

Baca juga : Dampak Sering Begadang, Bisa Bikin Gendut?

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Datang Bulan

Untuk mengatasinya, anda dapat melakukan cara-cara di bawah ini, yaitu:

  • Banyak minum air putih

Air putih memang memiliki segudang manfaat, termasuk untuk meringkankan nyeri datang bulan. Ketika haid, bawalah botol minum anda saat bepergian.

  • Mengompres perut bagian bawah dengan air hangat

Cara yang kedua ini dapat anda lakukan pada saat datang bulan. Anda dapat mengompres perut bagian bawah/bagian yang kram dengan sebotol air minum hangat. Bisa juga dilakukan dengan menempelkan handuk hangat ke area perut yang kram. Hal ini akan mengurangi rasa nyeri secara berangsur dan membuat anda lebih rilex.

Penelitian mengatakan bahwa kompresan air hangat sebesar 40 derajat celcius memiliki keefektifan yang sama dengan ibuprofen.

  • Tetaplah aktif bergerak

Cara mengatasi kram perut selanjutnya adalah aktif bergerak saat datang bulan. Bisa dengan berolahraga, belari, jalan santai, melakukan pekerjaan rumah, dll. Hal ini bisa meminimalisir rasa nyeri karena tubuh akan memproduksi endorfin ketika haid/menstruasi.

  • Mengonsumsi Paracetamol

Sebelum mengonsumsi obat paracetamol, ada baiknya baca terlebih dahulu aturan pakainya. Dan beberapa obat anti nyeri lain misalnya obat anti inflamasi non steroid yang sudah terjual bebas di pasaran dapat anda beli. Jika masih ragu segera tanyakan kepada dokter.

  • Memijat perut dengan lembut

Pijatlah area perut yang terasa nyeri dengan essential oil selama kurang lebih 20 menit. Lakukan dengan gerakan memutar secara perlahan. Hal ini juga baik untuk mengurangi rasa kram perut saat datang bulan.

Baca juga : Makanan Sehat Penambah Berat Badan, Konsumsi Sekarang

  • Jangan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu

Makanan tertentu misalnya makanan yang berlemak dan mengandung garam yang tinggi. Sementara jenis minuman tertentu diantaranya soda, alkohol, dan minuman yang mengandung kafein. Cobalah untuk meminum air jahe.

Cara-cara di atas dapat anda pedomani. Akan tetapi jika nyeri tetap berlanjut serta disertai dengan gumpalan darah yang sangat banyak dan berbau tidak enak, segeralah temui dokter.

Add a Comment