7 Jenis Buah Yang Aman untuk Penderita Diabetes

Buah Yang Aman untuk Penderita Diabetes

PrimaBerita – Hampir semua buah memiliki rasa yang manis, tentu saja hal ini membuat para penderita diabetes menjadi lebih hati-hati dalam memilih buah yang aman untuk dikonsumsi.

Meski rasanya yang kebanyakan manis, buah tetap dianjurkan bagi penderita diabetes untuk dikonsumsi karena buah mengandung beragam nutrisi yang baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut jenis buah bagi penderita diabetes yang aman untuk dikonsumsi:

1. Anggur

Anggur adalah salah satu buah yang baik untuk penderita diabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah. Anggur mengandung antioksidan polifenol yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, anggur juga mengandung serat dan rendah kalori.

2. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang unik. Kandungan vitamin C, serat dan kalium yang tinggi pada buah kiwi, ditambah antioksidan yang tinggi di dalamnya, menjadikan buah ini sebagai asupan yang baik bagi penderita diabetes.

Baca juga : HATI-HATI! Penyakit Diabetes Dapat Merusak Mata

3. Jambu biji

Jambu biji dipercaya baik untuk dikonsumsi penderita diabetes karena mengandung banyak serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, buah ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

4. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C, air, kalium, tiamin, dan asam folat yang baik. Kalium adalah salah satu nutrisi yang baik untuk membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, kandungan tiamin pada jeruk dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu mencegah resistensi insulin.

5. Apel

Buah Apel mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, dan serat yang tinggi dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini artinya buah apel dapat mencegah peningkatan kadar gula darah secara drastis.

Kandungan serat pada buah apel dapat membuat perut kenyang lebih lama, memperlambat penyerapan nutrisi seperti gula ke dalam aliran darah, dan mengurangi kolesterol. Saat mengonsumsi apel, sebaiknya makan bersama kulitnya karena bagian tersebut mengandung banyak gizi dan antioksidan.

Baca juga : Ini Perbedaan Gatal Biasa dengan Gatal Diabetes

6. Buah beri

Buah yang termasuk golongan buah beri, seperti stroberi dan blueberry, merupakan jenis buah yang baik untuk penderita diabetes. Buah-buahan ini mengandung antioksidan, vitamin, dan serat yang baik untuk mengendalikan kadar gula darah.

7. Pir

Buah pir mengandung serat yang dapat menyehatkan sistem pencernaan, serta beragam nutrisi lain, seperti vitamin K, air, dan antioksidan yang tinggi.

Add a Comment