HATI-HATI! Penyakit Diabetes Dapat Merusak Mata

penyakit diabetes dapat merusak mata

PrimaBerita – Biasanya diabetes akan berdampak pada kulit, namun bagaimana jika penyakit diabetes dapat merusak mata? Seperti yang kita ketahui bahwa diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah (glukosa).

Sering juga disebut dengan penyakit kencing manis. Biasanya jenis penyakit ini banyak ditemukan pada orang dewasa termasuk para lansia atau orang yang sudah lanjut usia.

Kadar gula darah merupakan salah satu lumbung energi prioritas/utama dalam tubuh manusia. Namun jika kadar ini tidak dikendalikan secara baik, maka hormon insulin yang diproduksi dari pankreas tidak dapat memproduksi sesuai yang dibutuhkan tubuh. Padahal tanpa hormon insulin, sel tubuh akan menghambat proses penyerapan saat glukosa diolah menjadi energi.

Lalu apa hubungannya diabetes dengan mata?

Mata adalah alat kita untuk melihat dunia. Tanpa mata, sepertinya hidup akan terasa hampa. Tak jarang bila ditemukan kasus kerusakan mata selalu membuat orang takut berlebih.

Ketika penyakit diabetes melitus telah dapat merusak jendela kehidupan (mata), maka hal ini betul-betul merupakan sebuah momok yang harus diwaspadai. Sering dijumpai pada orang-orang yang berusia sekitaran 45 tahun.

Penderita diabetes baik tipe1 maupun tipe2 beresiko mengalami komplikasi diabetes pada penglihatan (mata). Oleh karenanya sangat disarankan sebenarnya untuk periksa mata secepat mungkin agar anda bisa jelas mengenali gejala awalnya.

Umumnya, pertanda komplikasi diabetes menjalar pada mata yaitu adanya bintik atau bercak bayangan hitam yang mengambang diikuti dengan buramnya penglihatan.

Menurut salah seorang dokter spesialis mata di salah satu rumah sakit, dr Hafizah, SpM, menyatakan bahwa ada 3 (tiga) penyakit mata yang disebabkan oleh diabetes melitus. Penyakit mata tersebut berupa:

  1. Glaukoma
  2. Katarak
  3. Retinopati Diabetik

Jadi selama gula darah tidak dijaga, semakin besar kemungkinan anda berpotensi mengalami ketiga hal diatas. Penelitian mengatakan bahwa kelebihan gula darah secara langsung bisa menimbulkan kerusakan serta mempengaruhi lapisan pembuluh darah kecil yang mengedarkan darah ke mata.

Saat pembuluh darah telah rusak karena penyempitan saluran darah kemata, kondisi ini akan mampu memunculkan penglihatan yang kabur hingga kebutaan.

Sama halnya dengan glaukoma. Itu terjadi karena tingginya tekanan cairan abnormal secara bertahap dalam mata akibat diabetes itu sendiri. Selain itu, perubahan di belakang mata juga mempengaruhi pandangan kabur dengan perlahan.

Oleh sebab itu, sebelum terlambat ada baiknya anda menata pola hidup sehat untuk mencegah penyakit mata akibat komplikasi diabetes, antara lain:

  1. Rajin berolahraga
  2. Asupi nutrisi yang pas
  3. Jangan tidur sehabis makan
  4. Perhatikan selalu timbangan berat badan
  5. Melakukan pengecekan rutin ke dokter untuk mengetahui kadar gula darah

 

 

Add a Comment