Makanan Ini Disarankan Untuk Ibu Menyusui Sehingga Bayi Lebih Sehat

makanan untuk ibu menyusui

PrimaBerita – Berbagai macam makanan yang kaya nutrisi dan gizi penting untuk dikonsumsi ibu yang sedang menyusui. Karena hal ini juga akan berdampak pada kesehatan bayi, sehingga bayi yang baru lahir pun terjaga kesehatannya.

Bayi yang baru lahir tentu membutuhkan ASI dari ibunya. Oleh karena itu agar kualitas ASI anda tetap terjaga baik maka sebaiknya jangan malas untuk mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung banyak nutrisi. Ingat, apapun yang ibu konsumsi tentu saja akan diserap oleh si kecil.

Anda juga pasti tidak ingin si kecil tumbuh dengan kekurangan nutrisi. Maka agar tidak terjadi kekurangan nutrisi sebaiknya rajinlah mengonsumsi makanan penuh nutrisi seperti berikut.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini ada 5 makanan yang baik untuk ibu menyusui (busui).

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung phytoestrogen yang dipercaya dapat berkontribusi positif dalam produksi air susu ibu. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa apabila ibu sering mengonsumsi sayuran sejak hamil hingga menyusui maka bayi akan mempunyai selera yang baik terhadap sayuran.

2. Jamur

Beberapa jenis jamur merupakan sumber beta-glucan yang baik sehingga bila ibu mengonsumsinya dalam jumlah banyak dan secara rutin maka dapat berpengaruh terhadap produksi ASI. Jadi tidak semua jamur bersifat lactogenic yang bisa memperbanyak ASI.

3. Daging

Ibu menyusui juga penting untuk mengonsumsi daging untuk memperbanyak produksi air susu. Selain itu protein dari daging mendukung gizi untuk perkembangan bayi pada awal-awal kehidupannya. Tak hanya itu daging juga berfungsi pada masa pemulihan setelah kehamilan dan persalinan. Beberapa jenis daging yaitu daging sapi dan ayam.

4. Buah Alpukat

Mengonsumsi alpukat untuk menunjang ASI merupakan pilihan tepat bagi busui. Anda bisa mengupas buah alpukat dan mengambil daging buahnya untuk anda ibu konsumsi. Nutrisi yang terkandung pada buah ini terdiri dari vitamin B, folat, potasium, vitamin E, serta vitamin E.

5. Polong-polongan

Kacang polong, buncis, kacang merah, kacang kedelai, kacang kapri, kacang hijau, dan kacang panjang termasuk ke dalam keluarga polong-polongan. Oleh sebab itu demi suplai ASI, ibu jangan malas untuk mengonsumsi polong-polongan.

Add a Comment