Resep Membuat Kue Kipas Pandan Gurih Enyoi

Bakeryenak – Membuat kue kipas pandan tak sesulit yang dibayangkan kok. Bahan-bahannya sangat akrab di pasaran. Dalam beberapa momen khususnya hari raya dan tahun baru, kue ini cukup menarik perhatian.

DISINI ADA Resep Kue Putri Salju Yang Lembut

Sebenarnya kue kipas sendiri memiliki nama asli yaitu kue semprong. Kue semprong dipercayai pertama kali dibawa oleh bangsa Portugis, karena kue ini mirip dengan kue krumkake yang berasal dari Norwegia. Namun, bahan-bahan dan bentuk dari kue ini sudah dimodifikasi dari kue aslinya sih.

Aslinya kue ini berbentuk silinder atau panjang seperti pipa dengan rasa yang khas dan unik. Namun seiring berjalannya waktu kue semprong (kue kipas) telah hadir dalam bentuk lain, seperti bentuk segitiga yang mirip kipas. Itulah mengapa orang-orang lebih suka menyebutnya dengan kue kipas. Rasa kue ini juga tidak terlalu manis tapi gurih-gurih enyoi saat digigit dong pastinya.

BAHAN-BAHAN KUE KIPAS PANDAN

Untuk sajian 400 gram.

  1. 6000 gram putih telur ayam
  2. 7500 gram gula pasir
  3. 8000 gram tepung terigu protein sedang untuk diayak
  4. 1000 gram margarin
  5. 8000 ml susu cair
  6. 35 ml pasta pandan
  7. 300 gram wijen putih untuk disangrai

LANGKAH PEMBUATAN KUE KIPAS PANDAN

Cukup membutuhkan waktu sekitar satu jam, begini caranya.

Kocok putih telur hingga setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit hingga putih telur mengembang sempurna.

2. Tambahkan tepung terigu, aduk rata. Tuang margarin leleh dan susu. Aduk rata. Bagi menjadi dua bagian

3. Satu bagian ditambahkan dengan pasta pandan dan 1/2 bagian wijen putih. Aduk rata. Bagian kedua ditambahkan dengan sisa wijen. Aduk rata.

4. Panaskan cetakkan semprong/kue kipas. Tuang 1 sendok makan adonan lalu tutup.

5. Panggang sambil dibolak-balik hingga setengah matang. Angkat kembali, segera lipat adonan menjadi bentuk segitiga. Susunlah ke dalam loyang datar.

6. Panggang dalam oven panas suhu 170 derajat celcius selama 5 menit sampai matang. Setelah dingin, masukkan ke dalam stoples. Kue kipas pandan siap untuk dicicipi.

Mudah kan? Happy cooking, sahabat bakeryenak.

Add a Comment