Efek samping Kopi yang Selalu Disepelekan. Ini Hasil Penelitiannya

PrimaBerita – Kopi telah menjadi minuman terfavorit yang digemari oleh masyarakat luas. Namun terdapat rumor yang menyatakan bahwa kopi memberikan efek samping bagi kesehatan gigi.

Memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, malah memberikan efek samping yang jarang diketahui banyak orang. Berikut efek samping dari meminum kopi bagi kesehatan gigi:

Menyebabkan Kerusakan pada Enamel Gigi

Dampak lain adalah jika sering minum kopi adalah rusaknya enamel gigi. Sebagai informasi, enamel adalah lapisan paling luar dari gigi. Jika sampai bagian ini terkikis atau mengalami kerusakan, maka risiko untuk mengalami masalah gigi berlubang akan meningkat. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan kopi agar tidak berlebihan.

Berubahnya Warna Gigi

Pakar kesehatan Victoria Veystman dari New York City’s Cosmetic Dental Studios menyebut mereka yang gemar mengonsumsi kopi cenderung memiliki warna gigi yang berbeda dengan mereka yang tidak sering mengonsumsinya. Hal ini disebabkan oleh kandungan tanin di dalam kopi yang bisa mengubah warna gigi dengan signifikan.

Tanin sebenarnya adalah senyawa yang tergolong dalam polifenol. Kandungan ini bisa larut di dalam air. Sayangnya, kandungan ini juga bisa membuat kopi mudah menempel pada permukaan gigi dan akhirnya memicu perubahan warga gigi menjadi lebih kuning.

Selain tanin, sifat asam dari kopi juga bisa membuat enamel gigi menjadi lebih kasar. Hal ini ternyata bisa membuat noda semakin mudah menempel dan memicu perubahan warna gigi.

Baca juga: 7 Jenis Mie yang Paling Populer di Indonesia, Harus Coba

Bisa Menyebabkan Gigi Bergemeretak Saat Tidur

Terlalu banyak minum kopi, khususnya di malam hari, bisa menyebabkan efek kurang tidur atau tidur yang tidak nyenyak. Bahkan, efek cemas dan stres yang bisa disebabkan oleh kafein bisa membuat gigi kita bergemeretakkan saat tidur.

Adakah Cara Menurunkan Efek Buruk Kopi bagi Gigi?

Ada baiknya kita juga berkumur-kumur dengan air setelah minum kopi dan rutin menyikat gigi, khususnya sebelum tidur demi mencegah efek buruk dari kopi. Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk menggunakan pasta gigi yang tidak memiliki kandungan detergen demi mencegah terganggunya keseimbangan bakteri di dalam mulut. Biasanya, pasta gigi ini tidak akan memproduksi busa dalam jumlah banyak.

Baca juga: Minuman Kopi Susu Kekinian Banyak Efek Samping ?

Add a Comment