Berencana Ingin Menikah? Wajib Pelajari Terlebih Dahulu 8 Hal Ini

PrimaBerita – Memutuskan untuk menikah atau  berencana ingin menikah bukanlah hal yang mudah. Karena banyak hal yang wajib di pelajari dalam menikah. Pemerintah Indonesia belakangan ini berencana mengadakan sertifikasi bagi pasangan menikah.

Hal tersebut bertujuan untuk membekali kedua calon pengatin seputar kesehatan reproduksi, pengasuhan anak, serta keuangan keluarga. Sertifikasi juga diharapkan bisa menekan angka perceraian, stunting alias balita gagal tumbuh karena kurang gizi, hingga kemiskinan.

Rencana sertifikasi ini masih menuai pro dan kontra. Namun, pada dasarnya pasangan yang akan menikah sebaiknya memang dibekali dengan pengetahuan dan persiapan yang matang. Sebab, berumah tangga tidak pernah semudah bayangan.

Baca juga : Hamil tanpa Janin di Rahim, Kenali Kehamilan Kosong dan Penyebabnya

Berikut 8 Hal yang wajib di pelajari jika anda berencana ingin menikah

1.Mengetahui Makna Pernikahan 

Sangat penting bagi calon pengantin mengenal satu sama lain, termasuk mengetahui makna pernikahan bagi masing-masing individu. Kamu dan pasangan disarankan untuk membicarakan seputar hal-hal yang ingin dicapai dalam pernikahan, maupun gambaran pernikahan yang dimiliki oleh masing-masing pasangan. Cara ini penting untuk mengenal pasangan lebih baik dan mendiskusikan serta menyamakan persepsi tentang pernikahan.

2. Pentingnya Komitmen 

Pasangan yang akan menikah harus mengetahui pentingnya komitmen. Menikah adalah hal yang akan dijalani seumur hidup, berdua. Hal ini harus terlebih dahulu diketahui calon pengantin agar bisa membantu kesiapan dalam menjalani pernikahan dan mempersiapkan diri untuk menerima pasangan dan menjalani hubungan dengan sebaik-baiknya.

3. Komunikasi dengan Pasangan 

Komunikasi adalah kunci dalam hubungan, termasuk pernikah. Sangat penting bagi calon pengantin mengetahui dan membekali diri dengan pola komunikasi yang baik setelah menikah. Pasalnya, banyak perselisihan dan kesalahpahaman dalam pernikahan yang terjadi karena komunikasi tidak efektif. Maka dari itu, saling memahami bagaimana cara masing-masing dalam mengkomunikasikan sesuatu dan memahami perbedaan cara penyampaian pesan antar individu menjadi penting untuk dipelajari.

4. Cara Menyelesaikan Masalah 

Masalah pasti akan hadir di tengah kehidupan rumah tangga. Salah satu pelajaran yang penting sebelum menikah adalah bagaimana cara menyelesaikan masalah. Menjalani hubungan lama tidak menjamin kamu dan pasangan memiliki pandangan yang sama terhadap suatu masalah.

5. Pengetahuan Finansial 

Calon pengantin juga harus belajar bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dalam rumah tangga. Pelajaran penting sebelum menikah adalah pemasukan pasangan, biaya yang akan ditanggung pasangan sebelum menikah, biaya yang akan dikeluarkan setelah menikah, dan cara-cara mengatur keuangan selama hidup berumah tangga.

6. Menyesuaikan Diri 

Menikah tidak hanya melibatkan kamu dan pasangan, tapi juga keluarga besar kedua pihak. Sebelum menikah, penting untuk mengetahui cara menyesuaikan diri dengan kebiasaan pasangan, kondisi keluarganya, sekaligus menyesuaikan diri dengan tantangan-tantangan yang akan dijalani selama hidup berumah tangga.

Baca juga : Sering Ngantuk pada Siang Hari? Hati-hati Narkolepsi

7. Mempertahankan Rasa Cinta 

Sangat penting untuk mempertahankan cinta agar hubungan yang dijalani tetap hangat. Salah satu hal penting yang wajib dipelajari oleh calon pasutri adalah mengetahui hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mempertahankan momentum cinta agar keharmonisan rumah tangga dapat terjaga.

8. Rencana Berkeluarga 

Anda dan pasangan harus mengetahui dan mempelajari tips perencanaan keluarga. Hal ini berkaitan dengan perencanaan kehamilan, pada usia berapa berencana untuk hamil, berapa banyak anak yang ingin dimiliki, dan berapa tahun jarak antar anak.

Perencanaan keluarga menjadi penting karena akan memengaruhi berbagai macam aspek dalam keluarga, dari pemenuhan gizi anak, kesehatan mental ibu, hingga kemampuan finansial kepala keluarga.

Add a Comment