Tips Merawat Tanaman Hias Zebra di Rumah

tips merawat tanaman hias zebra

PrimaBerita –Β  Saat ini, tanaman hias zebra kini sedang populer atau naik daun. Tanaman hias zebra populer dengan nama calathea zebrina atau aphelandra squarrosa. Ada beberapa tips merawat tanaman hias zebra dalam rumah.

Tanaman hias zebra termasuk tanaman tropis yang berasal dari Brasil. Biasanya, tanaman hias ini berada dalam ruangan karena daunnya.

Seperti namanya, tanaman hias zebra merupakan julukan yang diberikan untuk tanaman hias dengan corak daun seperti zebra yakni memiliki garis-garis putih.

Tanaman hias zebra umumnya memiliki daun gelap dengan garis-garis menyerupai urat. Saat tumbuh dewasa tingginya bisa mencapai 60 sentimeter.

Seperti kebanyakan tumbuhan tropis lainnya, merawat tanaman hias zebra memiliki tantangan tersendiri. Tanaman ini membutuhkan kelembapan, kehangatan, dan nutrisi yang cukup.

Berikut Tips Merawat Tanaman Hias Zebra di Rumah

Cahaya

Sinar matahari langsung yang terik dan terlalu lama bisa membuat daun tanaman hias zebra menjadi hangus. Namun, jangan sampai tanaman zebra tidak mendapatkan sinar matahari sama sekali karena dapat membuat tanaman tidak jadi mekar.

Tanaman hias zebra akan tumbuh dengan subur saat mendapatkan cahaya yang tidak langsung. Sama halnya seperti habitat aslinya yang tumbuh di bawah pohon di hutan tropis.

Tanah

Tanaman hias zebra akan tumbuh dengan baik dengan tanah yang memiliki pH netral hingga asam. Tanah juga bisa anda campur dengan sedikit pasar untuk membuat air mengalir dengan baik. Beri pula pupuk setiap satu hingga dua minggu sekali selama musim kemarau.

Penyiraman

Siram tanaman dengan rutin untuk memastikan tanah lembap karena tanaman hias yang satu ini menyukai tanah yang lembab. Sirami tanaman zebra setiap beberapa minggu saat tanahnya mengering.

Biarkan air benar-benar menembus tanah sampai keluar dari lubang drainase bawah pot. Hindari pula memberikan tanaman hias zebra terlalu banyak air karena dapat membuat daunnya layu.

Suhu dan kelembapan

Karena berasal dari iklim tropis sehingga paling baik tumbuh pada suhu sedang. Pastikan tempat tumbuh tanaman zebra memiliki suhu 15 derajat Celsius ke atas. Hindari menanam tanaman hias zebra pada suhu 12 derajat Celsius ke bawah. Jaga kelembapan ruangan pada 60 hingga 70 persen.

Beri pupuk

Penggunaan pupuk sangat bermanfaat bagi tanaman hias zebra ini. Pupuk bisa membuat tanaman hias zebra berbunga. Mengutip dari The Spruce, tanaman hias zebra harus anda beri pupuk setiap satu atau dua minggu sekali. Gunakan pupuk yang cocok untuk dedaunan dan bunga.

Add a Comment