Bahaya ! Kuncir Rambut Ala Ekor Kuda Pada Kepala Sebabkan…

PrimaBerita –  Kuncir rambut ala ekor kuda merupakan cara yang paling sederhana dalam menata rambut. Namun, terkadang tatanan rambut tersebut bisa menyebabkan rasa sakit pada kepala.

Penyanyi Ariana Grande jadi salah satu pesohor dunia yang selalu tampil dengan kuncir rambut ekor kuda. Grande pernah mengeluhkan rasa sakit di bagian kepala yang menerus akibat kuncir rambut ikoniknya.

Sakit kepala karena kuncir rambut ala ekor kuda adalah masalah nyata. Dunia medis mengenalnya dengan istilah ‘external-traction headache‘ atau biasa juga disebut dengan ‘ponytail headache‘. Kedua istilah tersebut tercantum dalam panduan diagnostik International Headache Society’s.

Rasa sakit mulanya tak akan terasa saat rambut mulai dikuncir. Rasa sakit akan muncul secara perlahan seiring dengan saraf yang semakin sensitif akibat daya tarik rambut setelah beberapa lama. Saraf yang kian sensitif kemudian mengirimkan sinyal ‘rasa sakit’ pada otak.

Sakit kepala jenis ini menjadi salah satu contoh kondisi allodynia. Nama terakhir merupakan istilah medis yang menggambarkan sensasi sentuhan yang dirasakan sebagai rasa sakit otak.

Dengan kata lain, pada kondisi ini, stimulus yang seharusnya tidak menyakitkan malah dirasa sebagai sesuatu yang menyakitkan.

Tak hanya akibat kuncir ekor kuda, beberapa aksesori rambut lain juga berpotensi memicu rasa sakit serupa. Misalnya saja bandana, hijab, dan topi.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Kuncir Ekor Kuda

Tak semua orang yang menguncir rambutnya dengan gaya ekor kuda merasakan rasa sakit yang sama. Sakit kepala jenis ini lebih rentan pada mereka yang terbiasa mengalami migrain.

“Orang-orang yang mengalami migrain secara teratur sering kali lebih sensitif terhadap perubahan suhu atau sumber ketidaknyamanan lainnya,” jelas Cooper.

Jika mengalami sakit kepala ini, Anda disarankan untuk mencari perawatan yang tepat seperti mengonsumsi beberapa jenis obat yang dapat mengatasi rasa sakit.

“Kita tak selalu bisa mengendalikan itu [sakit kepala akibat kuncir ekor kuda]. Tapi, jika Anda mengalaminya, coba lah konsumsi obat ibuprofex atau naproxen,” ujar ahli nerurologi Yale School of Medicine, Deena Kuruvilla. Obat dengan kandungan antiinflamasi dapat membantu mengatasi.

Anda juga disarankan untuk tidak menguncir rambut dengan terlalu ketat.

Selain itu, beberapa faktor risiko lain juga patut dipertimbangkan. Beberapa penelitian menemukan, kurang tidur, siklus menstruasi, dan perubahan hormon lainnya menjadi faktor risiko sakit kepala akibat kuncir ekor kuda.

Add a Comment