Ini Manfaat Pisang Kepok Rebus Untuk Kesehatan

PrimaBerita – Manfaat pisang kepok rebus untuk kesehatan. Pisang merupakan jenis buah yang banyak orang sukai, apalagi masyarakat Indonesia. Buah ini memiliki rasa yang manis dan lembut sehingga baik untuk anda makan secara langsung ataupun anda olah menjadi camilan dan lain-lain.

Pisang kepok sendiri memiliki bentuk yang berbeda lebih padat dan gempal. Daging buahnya ada yang berwarna putih dan kuning. Keduanya sama-sama enak dan biasanya anda olah menjadi camilan enak seperti gorengan atau anda rebus.

Pisang kepok mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, potassium, asam amino, antasida, dan zat besi. Cara mengolah dengan direbus tidak akan mempengaruhi kandungan dari pisang kepok. Jadi, tidak heran jika manfaat pisang kepok rebus begitu beragam.

Berikut manfaat pisang kepok rebus untuk kesehatan :

Mengontrol tekanan daran dan gula darah.

Pisang kepok rebus mengandung kalium yang cukup tinggi. Namun, kandungan sodiumnya rendah. Meski begitu kombinasi ini menjadikan pisang kepok sangat baik untuk menormalkan tekanan darah. Sehingga resiko hipertensi dapat dihindari.

Mencegah sembelit dan diare.

Pisang kepok rebus dapat mengatasi sembelit dan diare. Hal ini karena pisang kepok mengandung pektin dalamnya. Pektin sendiri merupakan kandungan yang dapat melunakkan dan menyerap air dengan sangat baik, sehingga efektif untuk melancarkan sistem pencernaan dan buang air besar.

Menurunkan berat badan.

Pisang kepok mengandung sejumlah nutrisi penting yang sangat tinggi, salah satunya adalah vitamin B6. Vitamin yang ada dalam buah pisang inilah yang akan membantu dalam sistem pencernaan atau metabolisme.

Karena memiliki kadar lemak yang cukup rendah dan karbohidrat dalam buah pisang kepok juga bisa membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Sehingga sangat cocok bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Menjaga kesehatan ginjal.

Senyawa kalium yang terdapat pada pisang kepok bisa menjaga kesehatan ginjal. Bahkan dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Tidak hanya itu saja, senyawa yang terdapat pada pisang kepok dapat menjaga fungsi ginjal, yakni fenolik antioksidan.

Meningkatkan sistem imun tubuh.

Dalam pisang kepok terdapat kandungan potasium yang cukup tinggi. Kandungan ini bekerja dengan baik dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Ketika seseorang kekurangan potasium biasanya akan ada anjuran untuk mengonsumsi buah. Selain itu potasium juga sangat baik untuk proses produksi sel darah putih pada kelenjar getah bening, serta membantu setiap proses metabolisme dalam tubuh.

Mencegah anemia.

Pisang rebus dapat mencegah anemia. Biasanya hal ini kerap terjadi pada ibu hamil. Hal ini karena ibu hamil sangat membutuhkan banyak darah untuk pembentukan organ janin. Untuk mengatasi masalah ini cukup mengonsumsi pisang rebus. Pisang rebus mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin dan juga mampu mencegah terjadinya anemia.

Menyehatkan mata.

Mata merupakan organ tubuh yang sangat penting untuk dijaga. Memiliki mata sehat tentunya menjadi idaman hampir semua orang, karena dapat melihat segala sesuatu dengan mudah. Pisang kepok rebus mengandung karoten yang cukup tinggi.

Karoten merupakan provitamin A yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A oleh organ hati. Vitamin A menjadi yang sangat dibutuhkan oleh mata. Karena vitamin A sangat baik untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan juga mencegah perkembangan sel-sel abnormal.

Mengatasi maag.

Jika kamu memiliki penyakit maag, pisang rebus sangat membantu untuk mengatasinya. Pasalnya kandungan antasida dalam pisang penyebabnya. Antasida alami sangat baik untuk mengatasi masalah asam lambung, termasuk penyakit maag.

Menguatkan tulang.

Pisang kepok mengandung prebiotik. Kandungan inilah yang membantu tulang untuk menyerap kalsium dengan lebih baik. Jika dikonsumsi secara teratur maka tulang kamu akan menjadi lebih kuat. Perlu diketahui, pisang kepok rebus tidak mengandung kalsium. Hanya saja, prebiotik didalamnya dapat menyerap kalsium dengan sangat baik.

 

Add a Comment