Tips Menghadapi Pertanyaan Kapan Nikah yang Berulang Kali

pertanyaan kapan nikah

PrimaBerita – Pertanyaan kapan nikah  memang kerap dilontarkan secara berulang kali kepada orang yang tak kunjung menikah. Jangankan menentukan tahun pernikahan, sebagian orang bahkan masih terlihat santai saja walau sudah memasuki usia matang untuk menikah.

Tentu saja pernikahan bukanlah suatu hal yang main-main. Pernikahan menjadi sebuah momen sekali seumur hidup dan sifatnya begitu sakral. Sehingga tidak semua orang langsung siap untuk membina rumah tangga sekalipun usianya sudah cukup matang. Biar begitu tetapi ada pula yang memilih menikah muda.

Menghadapi pertanyaan kapan nikah berulang kali ternyata membuat sebagian orang risih atau merasa terganggu. Bahkan terkadang sampai membuat stres sendiri. Kendati demikian, masih ada cara-cara elegan yang bisa kita lontarkan untuk menanggapi pertanyaan seputar tanggal pernikahan.

Berikut ini ada 4 cara yang boleh anda lontarkan sebagai jawaban atas pertanyaan kapan menikah.

  1. Jadikan Senyuman Sebagai Jawaban

Ketika teman atau kerabat terlalu sering bertanya kapan menikah maka cobalah jadikan senyuman sebagai senjata tepat sebagai jawaban. Karena tidak semua orang bisa mengerti akan perjuangan yang anda lakukan atau persoalan hidup yang sedang anda alami.

Mungkin prioritas yang anda butuhkan sekarang ini bukanlah pernikahan. Bisa jadi anda sedang mengejar karir supaya kehidupan pernikahan anda ke depan tampak baik-baik saja. Maka ketika sudah terlalu lelah dengan pertanyaan basa-basi seputar pernikahan maka senyuman menjadi satu-satunya jalan keluar.

  1. Minta Didoakan

Cara ini menjadi cara yang paling mudah. Setidaknya cara seperti ini dapat mencegah munculnya pertanyaan-pertanyaan lain. Dengan kalimat ‘Doakan saja ya segera,” batin anda mungkin menjadi tidak terlalu stres.

Kalau orang yang bertanya adalah orang yang lebih tua maka anda tetap bisa menunjukkan rasa hormat dengan meminta restu serta doa darinya. Ya kan siapa tahu dengan cara ini si penanya sungguh-sungguh mendoakan anda. Jadi tidak ada salahnya untuk meminta doa dari orang lain agar segera bertemu dengan jodoh.

  1. Tanyakan Kabar Si Penanya

Jika seseorang masih saja kembali menanyakan hal yang sama, maka cobalah jawab dengan pertanyaan lain. Misalnya “Kamu sendiri bagaimana kabarnya? Sehat?” Ini menunjukkan bahwa anda memang telah bosan mendengarkan pertanyaan.

  1. Perlihatkan Kebahagiaan Anda

Tak ingin orang menghakimi hidup anda saat usia menikah sudah matang? Cobalah memperlihatkan kepada orang tersebut segala hal yang membuat anda bahagia sekarang ini. Bukan tidak ingin menikah, tapi mungkin waktunya masih belum tepat.

Add a Comment