Akan Berlaku Verifikasi Kartu SIM Menggunakan Sidik Jari

PrimaBerita – Akan dilakukan operasi dalam melakukan verifikasi kartu SIM menggunakan data biometric Hal ini diungkap Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) menanggapi saran BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia) untuk melengkapi keamanan registrasi dan tukar kartu SIM dengan validasi data biometrik pemilik kartu SIM.

Proses Uji Coba

Sekretaris Jenderal ATSI, Marwan Baasir mengatakan beberapa anggota ATSI juga telah melakukan proses uji coba biometrik dalam melakukan verifikasi kartu SIM. Dalam fitur biometrik, operator akan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

“Harapan kami kalau pemerintah mewajibkan, kita siap, cuma mungkin (verifikasi biometrik di) gerai di 34 provinsi perlu dibicarakan. Kalau semua registrasi biometrik di gerai, kita bicara pengguna mobile itu 330 juta pengguna,” ujar Marwan

Data Biometrik

Marwan mengatakan data biometrik ini juga harus dinaungi oleh aturan mengenai data pribadi. Akan tetapi, saat ini biometrik tetap diuji coba operator. Biometrik yang berupa pemindaian wajah, sidik jari, dan iris mata ini dilindungi dalam konteks data pribadi dalam UU ITE, PP 71 PSTE, dan UU No.36 Tahun 1999 Telekomunikasi.

“Contoh KTP, kadang-kadang masyarakat juga begitu datang ke ke gerai, ‘saya kan sudah 10 tahun, percaya aja’, sering kan kita gitu,” katanya.

Baca juga: D’Long Jasa Mobil Derek Terbaik dan Terpercaya di Kota Medan

Pernyataan Wakil Ketua

Wakil Ketua Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan implementasi biometrik memang akan membebankan biaya operasi lebih untuk operator.

“Tapi makin mahal juga, yang aman. Kita bagaimana membuat suatu sistem aman, tapi efisien dan juga nyaman,” ujar Semuel.

Komisioner BRTI, I Ketut Prihadi Kresna Mukti mengatakan pihaknya akan melihat kesiapan Dukcapil untuk uji coba biometrik ini. Pasalnya saat ini, Duckapil juga merasa kewalahan dengan adanya registrasi prabayar.

Baca juga: Buddha-Bar Paris, Prancis

Add a Comment