Efek Samping Retinol untuk Kecantikan

Prima Berita – Retinol dikenal sebagai zat atau senyawa yang sangat membantu menghilangkan jerawat dalam dunia kecantikan. Lalu apakah ada efek samping dari retinol untuk kecantikan? Dikutip dari laman Harvard Medical School, retinol adalah zat yang terbuat dari vitamin A. Pada tahun 1970an retinol digunakan sebagai obat jerawat, namun belakangan ini para peneliti telah menemukan bahwa selain mengobati jerawat, retinol pada produk skincare diluaran juga bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini. Berikut penjelasan efek samping retinol untuk kecantikan

Berbagai manfaat retinol seperti mencerahkan wajah, membersihkan wajah, dan membuat wajah lebih berseri telah banyak dipercayai orang. Namun selain memiliki manfaat bagi kulit, ternyata retinol yang digunakan pada kecantikan juga bisa menimbulkan efek samping loh.

Efek samping dari penggunaan retinol dapat dilihat di bawah ini.

  • Kulit kering dan iritasi
  • Perubahan pada warna kulit
  • Kulit mengalami sensitivitas terhadap sinar matahari
  • Kulit jadi kemerahan, bengkak, keras, atau melepuh

Bagi kalian yang menggunakan retinol pada kulit wajah kalian, kalian harus menghindari paparan sinar matahari terutama sinar matahari pada pukul 10 pagi dan pukul 2 siang. Retinol yang terkena sinar matahari akan menyebabkan kulit kemerahan dan gatal. Namun bila kalian ingin keluar rumah dan kulit akan terkena paparan sinar matahari, gunakan tabir surya minimal dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Selain itu jangan lupa untuk menggunakan pelembab pada kulit untuk mencegah kulit kering dan hal ini bisa menghambat kerja retinol.

Selain tabir surya, kalian juga bisa menggunakan pakaian yang menutupi wajah seperti topi atau masker untuk melindungi wajah dari paparan langsung sinar matahari. Jika retinol dipakaikan ke badan, jangan lupa untuk menggunakan kemeja lengan panjang dan celana panjang untuk menutupi sinar matahari ke tubuh.

Manfaat Retinol

Manfaat retinol hanya bisa didaptkan dengan dosis dan cara pakai yang benar. Pemakaian retinol yang berlebihan hanya akan menimbulkan efek samping. Untuk itu, perhatikan produk skincare yang akan kalian gunakan. Jangan menggunakan produk dengan dosis yang lebih banyak atau menggunakannya lebih sering dari yang telah diresepkan untuk kalian ya.

Add a Comment