Jenis Penyakit yang Kerap Mengintai Lansia

jenis penyakit lansia

PrimaBerita – Memasuki usia senja, tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa jenis penyakit kerap mengintai para lansia. Sehingga jika tidak menjaga kesehatan sebaik mungkin maka penyakit-penyakit tersebut akan semakin meradang hingga memperparah kondisi lansia. Oleh karenanya jangan sekali-sekali melupakan pola hidup sehat. Cara mudah yang bisa anda lakukan yaitu mengonsumsi makanan/minuman bernutrisi serta rutin berolahraga.

Lansia yang mudah terserang penyakit bisa karena sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan. Selain itu penyakit yang datang juga tidak hanya menyerang fisik saja melainkan turut mengganggu psikologis maupun menyebabkan masalah mental. Lantas apa saja penyakit yang umum terjadi pada orang tua yang sudah berusia lanjut?

Sakit Jantung

Kemunculan sakit jantung pada lansia umumnya merupakan buntut akibat tingginya kadar kolesterol dan tekanan darah. Selain memicu sakit jantung kondisi ini juga berpotensi mengakibatkan stroke. Jadi bagi anda yang sudah berusia lanjut sebaiknya mulailah menerapkan pola makan yang teratur dan sehat. Alangkah lebih baik bila dibarengi dengan aktivitas olahraga secara rutin.

Arthritis

Arthritis atau radang sendi menjadi salah satu penyakit yang sering menyerang lansia. Bahkan menurut CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, lansia yang mengalami jenis penyakit ini yakni sekitar 49,7% dan berusia 65 tahun ke atas.

Penyakit Pernafasan

Beberapa penyakit pernafasan yang kerap menyerang lansia (65 tahun ke atas) antara lain asma, pneumonia, dan penyakit paru obstruktif kronis. Tapi untuk mengatasi penyakit ini, lansia bisa melakukan kontrol ke dokter secara rutin dan meminum obat sesuai resep dokter.

Diabetes

Meski jenis penyakit ini sebenarnya bisa saja menyerang orang muda, akan tetapi penyakit ini kerap mengintai para usia lanjut. Menurut CDC, sekitar 25% lansia hidup berdampingan dengan penyakit ini. Penyakit ini bisa muncul akibat tingginya kadar gula darah yang beresiko menimbulkan gangguan kesehatan. Oleh sebab itu sebaiknya rutinlah melakukan tes untuk mengetahui kadar gula dalam darah.

Osteoporosis

Penyakit ini memang paling sering mengintai lansia. Melansir dari laman SehatQ, saat menderita penyakit ini biasanya penderitanya akan rentan mengalami patah tulang ketika jatuh. Namun meski demikian penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang bisa anda cegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Sangat baik bila sering mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan kandungan vitamin D serta kalsium.

Add a Comment