7 Makanan Yang Bisa Berdampak Buruk Bagi Ginjal

3. Garam

Terlalu banyak garam bisa berujung pada sejumlah masalah kesehatan pada tubuhmu. Salah satu masalah kesehatan yang mungkin kamu alami adalah terjadinya masalah di ginjal.

Ketika kamu konsumsi terlalu banyak sodium, ginjal di tubuhmu bakal bekerja lebih keras untuk menghulangkannya. Untuk meredakan potensi masalah ini, sebaiknya kamu berhenti mengonsumsi makanan olahan yang biasanya sangat tinggi garam.

4. Pisang

Masalah ginjal merupakan suatu hal yang mungkin terjadi walau kamu sudah makan dengan sehat. Ada kemungkinan bahwa kamu bakal mengalaminya karena mengonsumsi pisang.

Buah pisang memiliki potasium yang sangat tinggi dan bisa membuat ginjal tidak berfungsi optimal. Tingginya tingkat potasium ini bisa berdampak pada kesehatan terutama ginjal.

Baca juga : Cara Tetap Sehat Meski Sering Makan Di Luar Rumah

5. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat kaya. Walau begitu, terlalu banyak susu, yogurt, dan keju bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Tingginya fosfor pada sejumlah makanan ini bisa memberi tekanan pada ginjal. Lebih lanjut, ketika ginjal tidak berfungsi secara optimal, maka kelebihan fosfor pada darah tidak bisa dikeluarkan dan justru berdampak buruk bagi tulang.

6. Roti Gandum

Roti gandum merupakan salah satu makanan sehat dan bernutrisi yang baik bagi tubuh. Namun memakanannya secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, khususnya pada ginjal.

Hal ini disebabkan karena tingginya fosfor dan potassium pada roti jenis ini. Seiris roti gandum mengandung 70 mg potasium dan 57 mg fosfor, jumlah ini sangat tinggi dibanding roti biasa.

Add a Comment