5 Tanaman Rumah Ini Ampuh Untuk Mengusir Nyamuk

PrimaBerita – Harta yang paling berharga adalah Keluarga. Untuk itu lindungi keluarga dari gigitan nyamuk dengan menanam tanaman yang mengusir nyamuk disekitar rumah.

Gigitan nyamuk, selain bisa memberikan rasa gatal, bentol juga bisa menyebabkan penyakit. Penyakit yang berasal dari gigitan nyamuk yang paling ditakuti manusia adalah DBD (Demam Berdarah Dengue) dan Malaria.

Baca juga : Bahaya! Minyak Goreng bisa picu Penyakit Mematikan, Salah Satunya Kanker

Untuk menghindari hal tersebut banyak orang menggunakan zat kimia untuk mengusir nyamuk. Padahal terlalu sering menghirup zat kimia akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan bisa menimbulkan beragam penyakit. Mulai lah untuk menanam tanaman yang alami untuk mengusir nyamuk.

Berikut 5 tanaman rumah yang ampuh mengusir nyamuk :

1. Lavender

Tanaman pengusir nyamuk ini pasti sudah nggak asing lagi di telinga kamu. Bunga Lavender berbentuk semak atau pohon kecil. Bunganya yang berwarna ungu ini bisa ditanam di dataran berketinggian 500-1300 mdpl. Semakin tinggi posisinya, semakin tinggi pula kualitas minyak yang dihasilkan tanaman pengusir nyamuk ini.

Lavender dikenal juga sebagai tanaman antiseptik dan antijamur. Selain itu, tanaman pengusir nyamuk ini mengandung linalool dan lynalyl asetat. Kedua zat ini mampu mengusir keberadaan nyamuk.

Maka dari itu, lavender sering digunakan sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk. Selain baunya yang nggak disukai nyamuk, kamu juga bisa menggosok langsung tanaman pengusir nyamuk ini di kulit kamu.

2. Tapak Dara

Bunga Tapak dara memiliki nama ilmiah Catharanthus roseus (L.) Don. Bunga yang masih satu keluarga dengan geranium ini punya banyak khasiat, satu di antaranya yaitu mengusir nyamuk.

Baca juga : Resep Kue Nastar Untuk Menyambut Natal dan Tahun Baru

Kandungan senyawa pada mahkota bunga (petal) dan daunnya yaitu geraniol atau rhodinol (3,7-dimethyl-2,6-octadien-l-ol) sama seperti terdapat pada minyak atsiri mawar dan sereh. Senyawa ini tidak dapat larut air, namun dapat larut pada pelarut organik umum lainnya.

Dr Jerry Butler dari University of Florida membuktikan, geraniol merupakan senyawa yang cukup ampuh dan efektif untuk mengusir serangga seperti lalat, nyamuk dan semut. 

Add a Comment