Bahaya! Minyak Goreng bisa picu Penyakit Mematikan, Salah Satunya Kanker

PrimaBerita – Minyak goreng atau minyak sayur sudah lama menjadi bahaya atau ancaman untuk kesehatan. Pasalnya minyak goreng bisa sebabkan banyak penyakit mematikan seperti kanker.

Minyak goreng mudah teroksidasi saat terpapar suhu panas tinggi. Ketika masuk ke dalam tubuh, residu minyak akan membentuk radikal bebas dan senyawa berbahaya yang menggerogoti kesehatan dari dalam. Namun ternyata, bahaya minyak goreng tidak sampai di situ saja. Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Ternyata Asap Masakan Bisa Memicu Kanker Paru-Paru

Sehat tidaknya minyak sayur untuk kesehatan tergantung dari jenis dan jumlah lemak yang terkandung di dalamnya. Beberapa jenis minyak goreng memiliki kadar lemak jenuh yang sangat tinggi, bahkan melebihi sumber lemak jenuh dalam daging merah.

Berikut 3 alasan mengapa minyak goreng bahaya untuk kesehatan

Minyak nabati mengandung omega-6 dalam jumlah besar

Minyak nabati adalah sumber asam linoleat terbesar dibanding jenis makanan lain. Asam linoleat adalah jenis asam lemak omega-6 yang apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan.

Baik omega-3 dan omega-6 sama-sama menghasilkan senyawa eicosanoids, tapi berbeda sifatnya. Eicosanoid yang dihasilkan oleh omega-6 memicu peradangan, sementara yang dihasilkan oleh omega-3 bersifat melawan peradangan.

Baca juga : 7 Makanan Terbaik ini Ampuh Untuk Mencegah Keriput Pada Kulit

Ironisnya, pola makan modern saat ini cenderung membuat orang makan terlalu banyak omega-6, tetapi sangat sedikit asupan omega-3. Maka, sifat antiradang dari omega-3 tidak cukup kuat untuk melawan sifat pemicu radang dari omega-6.

Add a Comment