Jarang ke Dokter berkat si Merah Apel

Prima Berita – Satu buah apel setiap harinya dapat menghindari seseorang dari kunjungan ke dokter, pepatah yang sering terdengar ini memang ternyata benar. Buah apel memang mempunyai kandungan nutrisi yang melimpah dan menguntungkan bagi tubuh. Apel nyaris tidak mengandung lemak dan rendah kalori, namun kaya akan antioksidan, flavonoid, serat, air, vitamin C, kalium, pektin, dan asam ursolat. Manfaat apel bagi tubuh juga dikarenakan buah ini mengandung karbohidrat, vitamin A, vitamin K, dan folat.

Dimakan langsung, dibuat jus, atau dijadikan salad buah, manfaat apel sudah tidak perlu diragukan lagi bagi kesehatan tubuh. Keep scrolling guys!

Memelihara kesehatan usus

Apel segar kaya akan serat yang larut maupun tidak larut yang membantu melancarkan buang air besar. Untuk mendapatkan manfaat apel yang satu ini, disarankan untuk mengkonsumsi buah apel dengan kulitnya karena kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan. Selain itu, kandungan pektin pada apel dapat memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan sehingga membantu memelihara kelancaran fungsi pencernaan tubuh.

Mengatasi bau mulut

Apel mengandung pektin yang bermanfaat umntuk engontrol bau makanan serta meningkatkan air liur yang berfungsi membersihkan mulut dari bakteri penyebab bau mulut.

Menjaga kesehatan otak

Apel mengandung antioksidan kuersetin dan flavonoid yang dapat mengurangi matinya sel saraf akibat penuaan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kulit apel terlihat mampu membantu fungsi memori dan memelihara kesehatan otak. Penelitian menunjukkan bahwa apel memiliki efek yang baik untuk menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan stroke.

Baik untuk jantung

Apabila apel dikonsumsi secara rutin satu hingga dua buah setiap hari, apel dipercaya mampu memperkecil risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Mengurangi penyumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri juga merupakan manfaat lain dari buah apel. Ini semua berkat kombinasi serat larut dalam lemak, seperti pektin, fitonutrien (nutrisi nabati), dan antioksidan yang mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah.

Add a Comment