Hal yang Sebaiknya Jangan Dilakukan Saat Tubuh Kurang Tidur

saat tubuh kurang tidur

PrimaBerita – Tubuh biasanya akan nampak lebih lesu saat kurang tidur. Selain tampak kurang energi, perasaan mengantuk sepanjang waktupun akan dapat menghampiri.

Jika demikian, anda harus mengubahnya dari pola atau gaya hidup anda. Mungkin selama ini anda keseringan mengonsumsi kafein maka upayakanlah untuk menguranginya lalu seimbangkan dengan pola makan sehat. Tapi selain itu anda juga perlu memperhatikan hal-hal lainnya saat sedang dalam kondisi yang kurang tidur. Simaklah rangkuman berikut.

Hal yang Tidak Dilakukan Saat Tubuh Kurang Tidur

Merangkum dari beberapa sumber, berikut ini tidak boleh kita lakukan saat konfisi tubuh sedang kurang tidur.

a. Jangan Minum Terlalu Banyak Kopi

Minum beberapa cangkir kopi sepanjang hari tidak akan membuat tubuh lebih berenergi. Sebaliknya, terlalu banyak meminum kopi dapat membuat tubuh semakin tidak nyaman hingga merasa lelah. Sebab kafein hanya mampu bertahan dalam perut hingga 5 jam saja. Jika kembali mengonsumsi kopi lagi maka hal itu juga akan dapat mempengaruhi kualitas tidur malam selanjutnya.

b. Tidak Berolahraga Berlebih

Berolahraga secara berlebihan tentulah dapat menguras energi lebih banyak lagi. Sehingga otot-otot pun akan mengalami kelelahan. Sebagai gantinya anda bisa bersepeda santai misalnya.

c. Jangan Menyimpang dari Waktu Tidur Normal

Ketika sedang lelah jangan menunda tombol alarm karena itu dapat menggangu siklus tidur maupun kualitas tidur selanjutnya. Bahkan sumber menyebutkan jika kita tidur setengah jam lebih lama dari waktu normal maka hal ini juga bisa mengganggu jam tubuh.

d. Tidak Tidur Larut Malam

Tidur sampai larut malam kerap membuat siklus tidur hari berikutnya menjadi terganggu. Oleh karena itu upayakanlah agar jangan sampai anda terlalu sering tidur larut. Apalagi saat weekend. Karena hal itu bisa menyulitkan anda untuk bangun pada hari senin pagi.

e. Hindari Tidur Siang Terlalu Panjang

Tidur siang yang amat panjang rupanya bukanlah ide yang baik. Ini bisa membuat tubuh menjadi lebih sulit lagi untuk tidur pada malam selanjutnya. Sebagai saran, anda bisa mencukupkan waktu tidur selama 20 – 30 menit saja.

Add a Comment