Cegah Munculnya Kanker Paru-Paru Dengan 5 Cara Ini

primaberita-cegah-munculnya-kanker-paru-paru

Primaberita – Kenali gejala awal kanker paru-paru sedini mungkin. Setelah anda kenali gejalanya. Sebaiknya lakukan cara untuk cegah munculnya kanker paru-paru. Kanker paru-paru adalah kondisi ketika sel ganas (kanker) terbentuk di paru-paru.

Kanker ini lebih banyak dialami oleh orang yang memiliki kebiasaan merokok dan merupakan satu dari tiga jenis kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia.

Walaupun sering terjadi pada perokok, kanker paru-paru juga bisa terjadi pada orang yang bukan perokok, terutama pada orang yang sering terpapar zat kimia di lingkungan kerjanya atau terpapar asap rokok dari orang lain.

Berikut 5 Cara untuk cegah munculnya kanker paru-paru :

1. Tidak Merokok

Bagi Anda yang belum pernah merokok, sangat dianjurkan untuk tidak mencobanya sama sekali. Ini karena rokok adalah salah satu penyebab utama dari kanker paru. 

Akan tetapi, jika Anda sudah terbiasa merokok, tidak ada kata terlambat untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Bahkan, menurut penelitian dari New England Journal of Medicine, berhenti merokok sebelum mencapai usia 40 tahun dapat mengurangi risiko kematian hingga 90%. 

Selain itu, masih ada harapan untuk mengurangi kemunculan kanker paru hingga dua pertiga bagi perokok yang menghentikan kebiasaannya di usia 54 tahun.

Oleh karena itu, tidak merokok masih menjadi solusi efektif untuk mencegah penyakit kanker paru-paru. Anda juga bisa melakukan skrining rutin untuk melihat risiko kanker paru pada tubuh Anda.

Baca juga : Hidung Mimisan? Bisa Jadi Kanker Telinga, Kenali Gejala Awalnya

2. Menjauhi Asap Rokok

Walaupun Anda sudah berhenti merokok, asap yang dihirup dari orang lain sama berbahayanya. Maka itu, salah satu cara yang cukup efektif mencegah penyakit kanker paru-paru adalah menjauhi asap rokok. 

Penelitian pada jurnal Environmental Research and Public Health menyatakan, menjadi perokok pasif membuat risiko untuk terkena kanker paru lebih besar.

Hal tersebut dikarenakan asap yang dikeluarkan dan dihirup perokok pasif mengandung benzopyrene. Senyawa karsinogen ini memiliki konsentrasi lebih besar dibandingkan asap yang dihirup oleh perokok itu sendiri. Hal ini membuat hidup dengan perokok dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru sebanyak 20-30%.

3. Memeriksa paparan radon di rumah

Radon merupakan gas yang tidak memiliki bau dan dihasilkan oleh pembusukan uranium alami tanah tepat di bawah rumah Anda. 

Dengan rutin memeriksa paparan radon di rumah, Anda telah melakukan satu cara untuk mencegah penyakit kanker paru-paru.

Menurut American Cancer Society, memeriksa kadar radon dapat dilakukan dengan menyewa ahlinya. Selain itu, Anda juga dapat membeli peralatan untuk mengecek kadar radon di toko perkakas terdekat. Jika ternyata kadar radon di rumah tinggi, Anda bisa memasang exhaust fan untuk mengeluarkan gas ini dari rumah.

4. Waspada di tempat kerja

Beberapa pekerjaan memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi untuk terkena kanker paru-paru karena terpapar karsinogen secara rutin.

Menurut penelitian dari Journal of Thoracic Disease beberapa pekerjaan yang punya risiko tinggi yaitu:

  • Penambangan atau pabrik asbes karena serat asbes bersifat karsinogenik, sehingga meningkatkan risiko kanker paru-paru. 
  • Industri pembuatan karet karena terpapar debu dan asap hidrokarbon, N-nitrosamin, dan senyawa kimia berbahaya lainnya.

Maka itu, ketika Anda bekerja di tempat yang rawan seperti ini, periksa dan ikuti aturan keselamatan yang ditetapkan di tempat kerja Anda. Jangan lupa untuk mulai berhenti merokok mulai dari sekarang untuk mencegah penyakit kanker paru-paru.

5. Menambah asupan sayur dan buah

Mengurangi risiko kanker paru-paru juga harus dibarengi dengan diet sehat, yaitu banyak makan buah dan sayuran. Menurut American Cancer Society, makan banyak buah dan sayur membantu tubuh melindungi diri dari bahaya rokok. 

Terkait : Perokok Aktif, Bersihkan Paru-Paru Dengan 7 Cara Mudah Ini

Anda bisa memilih menu buah yang berbeda setiap harinya berdasarkan warna atau jenis buah dan sayuran favorit Anda. Cobalah untuk mengurangi konsumsi daging olahan dan keju yang mengandung fosfat anorganik karena dinilai dapat meningkatkan potensi kanker paru-paru.

Walaupun pencegahan utama penyakit kanker paru-paru belum ditemukan, Anda bisa melakukan cara-cara pencegahan ini dalam keseharian.

Add a Comment