Hidung Mimisan? Bisa Jadi Kanker Telinga, Kenali Gejala Awalnya

primaberita-sakit-telinga2

Primaberita – Sekarang ini banyak jenis kanker yang bermunculan. Salah satunya adalah kanker telinga yang merupakan jenis penyakit langka. Kenali gejala awal Kanker telinga sedini mungkin. Kanker Ini bisa terjadi di bagian–bagian telinga. Misalnya, pada telinga bagian luar, tengah ataupun bagian dalam.

Kanker telinga dapat berasal dari tumor telinga, yang biasanya diakibatkan oleh terlalu lama terkena sinar matahari. Tumor telinga ini biasanya terjadi pada telinga bagian luar.

Sementara kanker telinga bagian tengah belum dapat diketahui secara pasti. Selain tumor telinga, infeksi kronis pada telinga juga dapat menyebabkan terjadinya kanker telinga.

Telinga tengah adalah rongga kecil dengan tiga tulang kecil yang memungkinkan getaran mengalir dari gendang telinga ke telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam terdiri dari cairan dan koklea yang mengandung stereocilia – rambut kecil yang bergetar, menciptakan suara.

Secara umum, kemunculan tumor telinga hingga menyebabkan kanker memiliki ciri-ciri kanker telinga sebagai berikut:

  • Kehilangan kemampuan pendengaran
  • Kesulitan menggerakan wajah
  • Infeksi telinga terus menerus
  • Hidung mimisan
  • Penglihatan terganggu

Gejala kanker telinga tergantung pada letak tumor dalam telinga.

Baca juga : Mengalami Biduran? Berikut Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya

Berikut cara mendiagnosa gejala kanker telinga berdasarkan letak tumor telinga.

1. Benjolan di telinga luar

Sekitar 5% kanker kulit berkembang di telinga, dan ini biasanya ditemukan di kulit luar. Munculnya benjolan di telinga disertai rasa sakit yang tidak sembuh-sembuh dalam waktu 4 minggu. Benjolan di telinga tampak merah muda yang memiliki permukaan bersisik keras, terkadang mengeluarkan darah dan nanah.

Luka yang berdarah atau menjadi bisul bisa menjadi tanda awal kanker telinga. Tahi lalat yang menunjukkan perubahan seperti pertumbuhan, gatal, dan perdarahan harus diperiksa. Tumor di telinga mungkin jinak atau ganas seperti pada kanker sel skuamosa. Pertumbuhan tumor ini seringkali lambat, sehingga pasien biasanya didiagnosis secara dini dan merespons dengan baik terhadap pengobatan.

Jika Anda memiliki tahi lalat di telinga sebaiknya konsultasikan kepada dokter bila terjadi perubahan, seperti tahi lalat tumbuh, gatal atau mengalami perdarahan.

2. Benjolan di telinga tengah

Keluarnya cairan yang mungkin disertai noda darah dari telinga bagian dalam adalah gejala paling umum untuk kanker telinga tengah, tetapi gejala lainnya termasuk:

  • Muncul gangguan pendengaran
  • Bengkak di kelenjar getah bening leher
  • Rasa nyeri di beberapa bagian telinga seperti daun telinga
  • Terkadang seseorang tidak bisa menggerakkan wajah pada sisi telinga yang terkena

Terkait : Ternyata Wifi Bisa Membunuh Anda Secara Perlahan, Ini 5 Alasannya

3. Benjolan di telinga bagian dalam

Kanker telinga bagian dalam sangat jarang terjadi; menurut peneliti, kurang dari satu juta orang seperti di Inggris mengembangkan kanker di telinga tengah. Ini penting, karena gejalanya berubah tergantung pada lokasi tumor di telinga.

Add a Comment