Rasa Asli Kopi Tidak Akan Keluar Dengan Adanya Gula

PrimaBerita – Setiap orang punya cara masing-masing untuk menikmati racikan kopi favoritnya. Ada yang menambahkan gula untuk menimbulkan sensasi rasa manis, ada juga yang memilih tidak pakai gula karena ingin menikmati rasa asli kopi.

Barista

Fadil Daril Khairun, Barista dari Say Something Coffee menuturkan, sebagian besar olahan kopi yang diracik menggunakan teknik manual brew, hampir pasti tidak menggunakan tambahan gula.

Tujuannya adalah untuk memunculkan karakteristik rasa asli kopi yang ‘tersembunyi’. Ambil contoh varietas kopi Malabar asal Jawa Barat yang memiliki sensasi rasa fruitu seperti nangka, lemonade, atau pisang.

Bila dicampurkan dengan gula, rasa-rasa tersebut akan langsung tersamarkan oleh rasa manis dari gula itu sendiri.

Karakteristik

“Setiap kopi itu punya karakteristrik yang unik, khususnya arabika kalau diseduh manual. Jadi kami para barista biasanya akan mengedukasi atau mendorong konsumen untuk mencicipi kopi tanpa gula,” tutur Fadil

Lebih lanjut ia menjelaskan, sensasi rasa manis sebetulnya bisa ditimbulkan tanpa menambahkan gula, caranya adalah dengan menggunakan milk based. Campuran susu pada kopi diklaim dapat menghadirkan rasa manis pada racikan kopi, meski tidak semanis gula.

Baca juga: MAKANAN TINGGI PROTEIN MALAH MENINGKATKAN RESIKO KOLESTEROL

Add a Comment