Ketahui Tips Menangani Trauma Masa Lalu

PrimaBerita – Pernahkah anda merasakan trauma masa lalu? Saat kembali muncul, semua pengalaman akan mempengaruhi keseharian anda secara langsung.

Umumnya trauma di masa lalu biasanya memberikan kesan membekas sampai anda dewasa sehingga bisa menimbulakan rasa ketakutan yang berlebihan.

BACA JUGA: Tujuh Kebiasaan Baik di Pagi Hari, Coba Lakukan!

Trauma masa lalu bisa disebabkan oleh:

1. Kecelakaan
2. Putus cinta
3. Merasakan kekerasan fisik
4. Ditinggalkan orang tua sejak kecil
5. Duka
6. dan lain-lain

Oleh karena itu, jika anda merasakan sejumlah hal di atas dan tidak tahu bagaimana cara untuk mengatasinya, cobalah melakukan serangkaian hal berikut ini.

Kenali Trauma

Seperti yang sudah disebutkan di atas, anda harus mengetahui jenis trauma anda. Apakah trauma anda berasal dari hal-hal yang benar-benar menyakitkan atau tidak. Ingat kembali mengapa kenangan tersebut bisa menyebabkan luka batin yang terus membekas hingga sekarang.

Mengakui

Setelah itu anda perlu mengakui hal tersebut muncul dalam hidup anda supaya anda bisa memulihkan kondisi psikis.

Mulai memaafkan

Sesudah mengakui adanya trauma, mulailah memaafkan. Memaafkan memang kadang tergolong sulit untuk dilakukan. Akan tetapi memaafkan keadaan yang membuat anda begitu traumatis hingga kini adalah satu bagian vital dalam mengatasi rasa trauma. Saat anda bisa memaafkan keadaan maka akan mengurangi beban pikiran dan ketakutan anda.

Lakukan Kegiatan Positif

Dalam terpaan trauma masa lalu, menjalani pola hidup yang positif sangat bermanfaat. Sayangi diri anda. Jangan biarkan pikiran anda terganggu sehingga bisa membuat tubuh anda lemas setiap kali teringat sesuatu. Cara yaitu dengan mencari kegiatan-kegiatan yang produktif sehingga perlahan membuat anda lupa akan rasa trauma di masa lalu.

Sifat Terbuka

Jika langkah-langkah di atas sudah anda lakukan dan masih saja belum berhasil, cobalah untuk terbuka. Terbuka dengan masalah yang sedang anda alami. Bila perlu cari tenaga ahli dalam hal psikologis manusia untuk membantu meringankan masalah trauma anda. Katakan secara rinci supaya menapat solusi dan penanganan yang baik.

Add a Comment