Main Ponsel Sebelum Tidur Dapat Mengakibatkan Depresi Berat

PrimaBerita – Main ponsel sebelum tidur adalah ‘ritual’ yang tidak bisa dihindari. Ada saja alasan membuka ponsel sebelum tidur, entah ingin berbincang sejenak dengan kerabat di aplikasi pesan instan, browsing, atau berselancar di media sosial.

Salah satu penyebab utama mengapa membuka layar ponsel sebelum tidur cukup berbahaya tak lain akibat cahaya biru yang dipancarkan dari layar. Cahaya ini sebetulnya membantu pengguna dapat melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari.

Ada sejumlah risiko kesehatan yang akan dialami pengguna jika terus-terusan main ponsel sebelum tidur setiap hari. Apa saja?

Kerusakan mata

Tak bisa dimungkiri, terlalu lama menatap layar ponsel pasti akan memberikan pengaruh buruk terhadap mata. Cahaya biru dari layar ponsel akan membuat retina mata jadi tegang.

Bahkan, sejumlah peneliti dan dokter mata menyimpulkan, risiko terberat terlalu lama menatap layar ponsel adalah dapat menyebabkan katarak.

Kelelahan otak

Terlalu lama bermain ponsel sebelum tidur ternyata membuat otak penggunanya kelelahan. Risiko bisa saja terjadi karena durasi waktu tidur terpotong, akibatnya aktivitas di keesokan harinya terganggu akibat otak yang terlalu lelah untuk bekerja.

Baca juga: Indonesia Menjual Kratom, Obat Ilegal Kelas Satu di AS, AS Ketakutan ?

Add a Comment