Jangan Disepelekan, Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan

manfaat tumput laut

PrimaBerita – Rumput laut tentunya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu rumput laut memiliki citarasa yang gurih. Oleh karenanya jenis ganggang yang tumbuh di laut ini pun sering diolah sebagai makanan dan minuman lezat.

Pada umumnya rumput laut banyak ditemukan di negara-negara Asia seperti China, Jepang, dan Korea. Biasanya rumput laut tumbuh pada sepanjang garis pantai karang. Nah bagi anda yang suka mengonsumsi rumput laut berikut sederet manfaat yang boleh anda rasakan.

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Menjaga Fungsi Tiroid

Kelenjar tiroid akan melepaskan hormon yang berfungsi memperbaiki sel-sel yang rusak serta memproduksi energi. Lantas yodium yang bersedia membantu kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon tersebut. Bahkan setiap orang penting untuk memenuhi kebutuhan asupan yodium harian sebanyak 15o mcg atau 0,15 mg. Meski jumlah yodium dalam setiap rumput laut berbeda-beda namun anda bisa mengonsumsi jenis rumput laut kombu maupun rumput laut wakame.

Menekan Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung sering menjadi penyebab utama kematian masyarakat dunia. Dan kolesterol yang tinggi menjadi salah satu faktor resikonya. Dalam sebuat studi pada hewan tikus terjabarkan bahwa rumput laut bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain koleterol yang tinggi, pembekuan darah juga dapat menjadi penyebabnya. Karbohidrat dalam rumput laut disebut dapat membantu mencegah pembekuan darah namun begitupun uji klinis pada manusia masih perlu terkaji secara lebih dalam lagi.

Antioksidan

Rumput laut ternyata bisa bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel dalam darah dan cukup sering teranggap sebagai penyebab dasar dari penyakit seperti penyakit jantung. Senyawa antioksidan berupa flavonoid dan karotenoid terbukti mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menjaga Kesehatan Usus dan Sistem Pencernaan

Bakteri pada usus memiliki peran besar dalam kesehatan manusia. Jadi adanya ketidakseimbangan antara bakteri baik dan buruk pada usus bisa menimbulkan suatu penyakit. Dengan demikian mengonsumsi hidangan rumput laut dapat menjadi serat yang baik dalam menjaga kesehatan usus agar tetap sehat.

Sumber Vitamin dan Mineral

Rumput laut kaya akan vitamin dan mineral. Vitamin A, C, E, dan vitamin K bersama folat, zync, natrium, kalsium, serta magnesium terdapat pada rumput laut. Anda bisa mempertimbangkan mengonsumsi rumput laut demi mencukupi asupan-asupan tersebut.

Add a Comment