Kalahkan Amerika, Jumlah Orang Kaya Di China Lebih Banyak

primaberita-orang-kaya-di-china

Primaberita – Jumlah orang kaya di China yang masuk dalam kelompok 10 persen orang terkaya di dunia berhasil menyalip Amerika Serikat (AS). Ini merupakan pertama kalinya jumlah orang kaya China lebih banyak ketimbang orang kaya AS.

China menyumbang 100 juta orang pada jajaran 10 persen orang terkaya di dunia. Sedangkan, Negeri Paman Sam terpaut tipis di bawah China dengan jumlah orang kaya sebanyak 99 juta orang. Kondisi ini dikarenakan ‘ledakan’ kekayaan orang China.

Kendati demikian, berdasarkan laporan Credit Suisse, rata-rata kekayaan orang AS lebih tinggi dibandingkan orang China. Yakni, sebesar US$432.365 untuk orang kaya AS, dan US$58.544 untuk rata-rata orang kaya China.

Baca juga : Pemimpin ISIS, Al-Baghdadi Tewas Meledakkan Diri Dengan 3 Anaknya

Dengan pertumbuhan orang kaya di China, Credit Suisse menyebut China mampu menggantikan Eropa sebagai mesin utama pertumbuhan kekayaan global. Kekayaan China berhasil tumbuh di tengah perang dagang yang membebani perekonomian negara.

Laporan ini menyoroti sejauh mana kekayaan global terkonsentrasi di bagian atas. Tercatat 50 persen penduduk dewasa di dunia memiliki kurang dari 1 persen kekayaan global. Di sisi lain, 10 persen orang terkaya menggenggam 82 persen kekayaan. Lalu, 1 persen orang terkaya menguasai hampir setengah dari aset global.

Untuk berada dalam kategori 1 persen orang terkaya di dunia, membutuhkan aset bersih senilai US$936.400. Sebaran persentase itu menggambarkan ketimpangan kekayaan sejak krisis keuangan 2008.

Terkait : Hacker Indonesia Retas Perusahaan Amerika Hingga 30 M, Ini Modusnya

Sementara, suku bunga rendah dan program pembelian obligasi bank sentral membuat lonjakan aset dari 1 persen pemegang kekayaan dunia. Akan tetapi, sejak 2016, porsi kekayaan yang dimiliki oleh 1 persen orang terkaya tersebut menurun.

Add a Comment