Ingin Tingkatkan Kinerja Otak? Sarapan Menu Ini

PrimaBerita – Otak membutuhkan asupan kaya nutrisi untuk bisa berpikir tajam hingga menjaga fokus. Dilansir dari Live Strong, beberapa menu sarapan sehat ini dapat membantu meningkatkan kinerja otak

Semangkuk buah bit dan delima

Buah bit kaya akan nitrat dan membantu untuk membuka pembuluh darah. Penelitian dalam Nitric Oxide: Biology and Chemistry menunjukkan bit bermanfaat untuk menangkal pengurangan fungsi kognitif otak.

Menambahkan buah delima akan membuat Anda memiliki kekuatan otak yang maksimal. Sebab kandungan antioksidan dalam buah delima dapat mencegah kerusakan otak akibat paparan radikal bebas.

Telur dengan alpukat

Telur merupakan sumber kolin yang sangat baik. Menurut National Institutes of Health, kolin mengandung nutrisi yang diperlukan oleh asetilkolin, yaitu neurotransmitter pada otak yang berperan dalam kekuatan memori dan meningkatkan kinerja otak. 

Telur dapat meningkatkan kemampuan kognitif berupa daya pikir, kemampuan mengingat, pemecahan masalah, hingga pengambilan keputusan.

Sedangkan alpukat merupakan sumber karbohidrat sehat. Karbohidrat sangat penting bagi tubuh untuk menghasilkan energi, di samping menciptakan rasa kenyang.

Sereal, almond dan yogurt

Kacang almond menjadi makanan yang dapat ‘melindungi’ otak Anda. Ini dikarenakan almond mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Satu ons almond memberikan 34 persen vitamin E. 

Sedangkan yogurt, selain menjadi sumber protein, juga diklaim dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan magnesium, selenium, dan zinc. Bila tubuh sehat, pikiran pun jadi ‘kuat’.

Perpaduan yogurt dan almond akan lebih mengenyangkan bila Anda menambahkan sereal jagung. Tekstur renyah dari sereal juga dapat meningkatkan kepuasan makan.

Smoothie alpukat dengan almond dan mint

Orang yang memakan alpukat sehari selama enam bulan mengalami peningkatan memori otak, perhatian, dan sebagai pemecah masalah yang efisien. Untuk meningkatkan rasa sekaligus memberi manfaat sehat, Anda bisa mencampur alpukat dengan susu dan yogurt, dinikmati bersama dengan kacang almond. Salah satu manfaat kacang almond ialah menstabilkan tekanan darah, yang secara tidak langsung ikut menstabilkan suasana hati, sehingga Anda bisa berpikir dengan jernih.

Add a Comment