Hari Ini, Penanggalan Imlek Dirayakan Festival Zhong Yuan Jie. Apa itu Festival Zhong Yuan Jie?

Pengaruh Religius

Pengaruh religius terutama dari Buddhisme menjadikan tradisi perayaan ini sarat dengan mitologi tentang hantu-hantu kelaparan yang perlu dijamu pada masa kehadiran mereka di dunia manusia.

Puncaknya adalah di tanggal 15. Di hari puncaknya, biasanya diadakan upacara sembahyang di rumah di tiap keluarga. Beberapa dari mereka akan menyiapkan barang-barang untuk dibakar seperti lilin, dupa/hio, hingga uang kertas alam baka, pakaian yang dikhususkan untuk orang mati. 

Karena ada kepercayaan hantu-hantu kelaparan akan keluar dari dunianya, maka biasanya di tiap-tiap keluarga akan menghidangkan makanan di rumahnya masing-masing untuk menyambut arwah keluarga mereka yang kelaparan. 

Latar Belakang

Ada beberapa legenda yang melatarbelakangi ritual Zhong Yuan Jie, Ulambana atau Ghost Hungry Festival yang diadakan di seluruh dunia. Kebanyakan dari mereka berasal dari ajaran Kong Hu Cu, Buddha, atau legenda-legenda lainnya. 

Tradisi ini sebenarnya merupakan produk masyarakat agraris di zaman dahulu yang bermula dari penghormatan kepada leluhur serta Dewa-Dewa. Supaya panen yang biasanya jatuh di musim gugur atau di masa-masa pertengahan bulan ke-tujuh, yang merupakan saat-saat menyambut masa panen dapat terberkati dan berlimpah.

Maka di bulan itulah, biasanya mereka berdoa kepada Dewa-Dewa serta meminta dukungan leluhur mereka agar panen mereka bisa berlimpah, sekaligus memberi penghormatan kepada arwah leluhur.

Baca juga: Hewan-Hewan Ini Jauh Lebih Peka Terhadap Bencana Alam Daripada…

Add a Comment