Hari Ini, Penanggalan Imlek Dirayakan Festival Zhong Yuan Jie. Apa itu Festival Zhong Yuan Jie?

PrimaBerita – Hari ini, dalam Tradisi Tionghoa, bulan 7 Tanggal 15 menurut Penanggalan Imlek dirayakan sebagai Festival Zhong Yuan Jie (中元节) atau Chit Gwee Pua (Bahasa Hokkien).

Festival Zhong Yuan Jie merupakan hari di mana orang Tionghoa akan mengadakan sembahyang pada arwah leluhur dan arwah-arwah yang berada disekitar mereka yang merupakan sebuah tradisi perayaan dalam kebudayaan Tionghoa.

Apa itu?

Bulan 7 dalam penanggalan Tionghoa lebih dikenal dengan istilah Bulan hantu. Ada sebuah kepercayaan di mana dalam kurun waktu 1 bulan ini, Pintu Gerbang Neraka dibuka bebas. Sehingga arwah-arwah yang mendiami alam baka sana bebas keluar untuk masuk ke alam dunia manusia, mengunjungi keluarga dan kerabat mereka yang masih hidup. 

Di Indonesia, karena adanya kepercayaan semacam itu, maka di bulan ini takhyul dan mitos seakan disebar di mana-mana. Para orangtua akan mewanti-wanti anak mereka agar tidak mandi atau makan terlalu malam, dan berkeliaran sembarangan apalagi di malam hari, karena khawatir arwah jahat bisa saja mencelakai mereka

Baca juga: Amalan Sunnah yang Dapat Dilakukan Pada Hari Raya Idul Adha

Add a Comment