5 Makanan yang Berbahaya Bagi Anjing

makanan yang berbahaya bagi anjing

PrimaBerita – Dalam hal memelihara hewan peliharaan seperti anjing ada kalanya jika salah memberi makanan tentunya bisa berbahaya bagi anjing peliharaan tersebut. Sebab ada beberapa makanan yang baik untuk kita konsumsi namun dapat berpengaruh terhadap kondisi anjing.

Untuk itu anda perlu menyimak 5 makanan yang bisa berbahaya bagi anjing, antara lain:

Cokelat

Menurut beberapa sumber, cokelat tidak baik untuk dikonsumsi anjing. Pasalnya cokelat mengandung kafein serta theobromine yang termasuk ke dalam kategori methylxanthines. Jika anjing memakan cokelat maka dapat mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan bagi anjing. Misalnya muntah-muntah, suhu tubuh menjadi lebih tinggi, tremor otot, sakit perut, dehidrasi, hingga agitasi parah. Irama jantung hewan peliharaan juga bisa saja menjadi tidak teratur dan bahkan pada beberapa situasi dapat menyebabkan kematian.

Anggur

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, beberapa kasus mengonsumsi anggur memiliki efek negatif yang cukup parah. Anggur dan kismis bahkan dapat menyebabkan gagal ginjal dengan gejala yang muncul bervariasi. Tetapi selain gagal ginjal, anjing juga dapat muntah-muntah serta tubuh anjing menjadi lemas.

Keju

Mungkin anda tidak tega saat situasi anjing melihat anda sedang makan keju. Sehingga anda pun lantas memberikannya kepada anjing. Namun keju memiliki kandungan gula dan lemak dan anjing tidak memiliki enzim untuk proses penguraian makanan. Jika mengonsumsi keju terlalu banyak maka hewan anjing bisa saja mengidap gejala seperti muntah dan gas.

Susu Sapi

Susu sapi mengandung gula susu yang mana hewan peliharaan seperti anjing sebagian besarnya tidak memiliki enzim untuk mengurainya. Sehingga bila anjing mengonsumsi susu sapi bisa saja menimbulkan efek seperti muntah dan masalah pencernaan. Walau tidak mengancam nyawa anjing secara langsung namun susu sapi dapat berkontribusi terhadap paparan bakteri serius.

Kacang Macadamia

Kandungan yang terdapat dalam kacang macadamia disebut bisa menyebabkan reaksi beracun bagi anjing. Namun belum terketahui apa kandungan yang menjadi racun tersebut. Pada sebagian kasus, kacang ini dapat menyebabkan hipotermia, muntah, hingga kelemahan atau kelumpuhan pada bagian kaki anjing.

Add a Comment