Jenis Makanan Kontinental yang Perlu Anda Ketahui

Jenis makanan kontinental

PrimaBerita – Jenis makanan kontinental adalah makanan-makanan yang berasal dari negara dataran luas. Biasanya makanan kontinental yang banyak muncul di restoran Indonesia yaitu berasal dari hidangan benua Amerika dan Eropa.

Ciri Umum Makanan Kontinental

Eropa Selatan

Biasanya ciri-ciri makanan yang berasal dari Eropa selatan memiliki citarasa bumbu yang tajam. Misalnya dalam suatu hidangan, makanan tersebut menonjolkan beberapa rempah berjenis lada, pala, dan kayu manis.

Eropa Barat

Negara-negara Eropa barat seperti Swiss, Jerman, Prancis, dan Belgia lebih sering menonjolkan bumbu merica dan garam.

Eropa Timur

Masih dari benua Eropa. Eropa Timur terkenal dengan ketajaman bumbu masaknya. Biasanya negara Rumania, Romawi, Yunani, Hongaria, dan Ceko selalu memperlihatkan jenis makanan dengan banyak rempah di dalamnya.

BACA JUGA : Nikmatnya Ikan Buntal Saat Disantap, Mahal Tapi Beracun

Umumnya, makanan kontinental menggunakan kentang sebagai pengganti karbohidrat dan disajikan dengan porsi lebih sedikit daripada protein hewani. Dalam restoran-restoran yang mengadakan menu makanan kontinental, biasanya akan menghidangkan secara bergilir. Termasuk alat makan, setiap makanan menggunakan alat makan yang berbeda pula. Makanan kontinental selalu menyuguhkan konsep plating yang baik.

Jika digali lagi lebih dalam, makanan kontinental memiliki struktur/susunan menu, yaitu:

  1. appetizer atau makanan pembuka
  2. soup yang bisa disajikan panas atau dingin
  3. fish
  4. main course
  5. hot entree
  6. shorbet atau semacam es serut
  7. roasted salad atau daging panggang dalam hidangan salad
  8. vegetable atau sayuran lain selain salad
  9. sweet dish
  10. savory atau makanan gurih dan bisa juga digantikan dengan makanan asin
  11. dessert

Jenis Makanan Kontinental

Jika anda pernah merasakan jenis makanan kontinental yang begitu populer didunia perkulineran, pasti anda akan merasakan sensasi yang berbeda dari biasanya. Berikut 5 contoh makanan kontinental yang berasal dari Eropa.

  1. Seafood Paella

Berasal dari Spanyol. Seafood Paella merupakan sebuah sajian berbahan dasar nasi yang dimasak bersamaan dengan seafood. Makanan ini dibumbui dengan rosemary atau saffron. Adapun jenis beras yang digunakan untuk membuat makanan ini yaitu beras yang berasal dari Calaspara.

  1. Pickle Herring

Makanan dengan asal negara Denmark ini menggunakan konsep sajian ikan. Sebenarnya Pickle Herring merupakan ikan herring yang diasamkan yang lumrah disajikan bersama roti, kentang, dan telur rebus.

  1. Beef Bourguignon

Makanan yang berbahan dasar daging yang sangat lembut dan berasal dari negara Prancis. Dalam hidangannya, daging dimasak dengan campuran bawang bombay, bawang putih, daun-daunan rempah Prancis, serta red wine. Beef Bourguignon dimasak sampai airnya habis.

  1. Kottbullar

Hidangan kottbullar merupakan bakso swedia dimana bahan dasar pembuatan baksonya menggunakan daging sapi. Daging sapi akan dicincang atau juga digiling kemudian dibentuk seperti bola pingpong. Jika di Indonesia bakso yang kita kenal lebih diidentik dengan makanan berkuah, maka di Swedia bakso kottbullar ini digoreng hingga kecokelatan. Lebih nikmat lagi jika disajikan bersama kentang goreng dan cream sauce.

  1. Pork Knuckle with Sawerkraut

Makanan ini berasal dari negara Jerman yang mana lebih dikenal dengan nama schweinshaxe. Susunan dari makanan ini yaitu sepotong kaki babi yang sudah direbus agak lama dengan beragam side dish seperti sawerkraut, bokcoi, dan kentang. Sawerkraut adalah kubis fermentasi yang diiris halus.

Add a Comment