Perempuan Dipercaya Memiliki Umur yang Lebih Panjang dari Pria, Percaya Tidak?


PRIMA BERITA – Memiliki umur yang Panjang merupakan keinginan semua orang, siapa sih yang tidak mau punya umur yang Panjang? Namun, berdasarkan sebuah riset yang dilakukan di salah satu universitas di Inggris membuktikan bahwa ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat harapan hidup seseorang, salah satunya adalah faktor DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) atau disebut juga dengan kromosom sel.

FAKTOR DNA

Seperti yang kita tahu pada umumnya, manusia pada umumnya memiliki dua kromosom. Pria memiliki satu kromosom, yaitu kromosom X sedangkan wanita memiliki dua kromosom, yaitu kromosom X dan kromosom Y. Dengan memiliki dua jenis kromosom, wanita menjadi lebih diuntungkan karena wanita menjadi memiliki penggandaan sel. Hal ini akan sangat membantu ketika terjadi kerusakan sel, pria akan menjadi rentan terhadap berbagai penyakit sedangkan wanita akan memiliki pengganti dari kerusakan sel.

Selain dari faktor genetika, ternyata gaya hidup dari seseorang juga mempengaruhi usia seseorang. Faktor gaya hidup seperti merokok, minum alcohol atau pola makan tertentu dapat berdampak pada tingkat dari harapan hidup seseorang. Seperti yang kita ketahui dari WHO (World Health Organization), tingkat merokok dan konsumsi alcohol pada pria lebih tinggi dari pada perempuan, sehingga hal ini juga berdampak pada umur dari kedua gender. Selain itu, pola makan dari masing-masing individu juga mempengaruhi tingkat harapan hidup setiap orang.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Epidemiology memaparkan bahwa tingkat harapan hidup pria dan wanita di beberapa negara memiliki rentang yang sangat jauh. Seperti misalnya di negara Rusia, dimana pria cenderung memiliki angka harapan hidup 13 tahun lebih rendah dibandingkan dengan wanita. Hal ini terjadi dikarenakan pria di Rusia memiliki kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alcohol.

Walaupun banyak riset menunjukan wanita cenderung memiliki umur yang lebih Panjang, jangan berkecil hati ya. Semua orang bisa memiliki umur yang Panjang dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur, jangan lupa dibarengi dengan minum air yang banyak dan istirahat yang cukup.

Add a Comment