5 Cara Mudah Merawat Rambut Yang Sering Diwarnai

Primaberita.com – Tren mewarnai rambut masih digandrungi banyak orang, terutama bagi wanita. Wanita memang suka mengganti warna rambut sesuai dengan keinginannya agar terlihat selalu trendy dan mengikuti perkembangan zaman. Untuk tahun 2018 warna-warna yang bakal menjadi trend adalah ombre pirang, coklat keemasan, ash brown, ungu dan strawberry blonde.

Akan tetapi seringnya menggonta-ganti warna rambut memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Seperti rambut menjadi mudah rontok dan kering. Kandungan zat kimia pada pewarna rambut menyebabkan hilangnya protein dan vitamin pada rambut  sehingga rambut menjadi tidak sehat lagi.

Akan tetapi jika rambut yang sering diwarnai dapat dirawat dengan benar, efek samping dari pewarnaan rambut dapat di hindari. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar rambut tetap sehat walaupun sering diwarnai:

1. Jangan Langsung Mencuci Rambut

Setelah melakukan pewarnaan terhadap rambut, jangan langsung mencucinya. Hal ini berguna untuk membiarkan warnanya meresap terlebih dahulu. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Jeni Thomas,Ph.D sebanyak 80% warna memudar disebabkan oleh kontak langsung dengan air bukan karena keramas atau menggosok rambut. Maka keramaslah tiap 2-3 kali dalam seminggu dengan air dingin dan shampoo bebas sulfat khusus rambut diwarnai, dan jangan lupa gunakan conditioner setelah keramas.

2. Lakukan Deep Condition

Minyak essensial seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau almond dapat dimanfaatkan untuk melakukan deep condition. Caranya dengan memanaskan minyak essensial hingga hangat kuku,lalu aplikasikan ke kulit kepala dan rambut, bungkus kepala dengan plastik dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu cuci rambut dengan shampoo dan bilas sampai bersih.

3. Minimalisir Penggunaan Alat Penata Rambut

Hindari pemakaian alat penata rambut seperti hair dryer atau catok rambut. Jika terpaksa menggunakannya awali dengan penggunaan serum rambut khusus sebelum mulai rambut sesuai dengan model yang diinginkan.

4. Lindungi Rambut Dari Terik Matahari

Rambut yang berwarna akan cepat memudar jika terpapar sinar matahari.Sebaiknya gunakan topi atau penutup kepala saat keluar rumah atau berada di luar ruangan.

5. Perawatan Dengan Masker Rambut

Dengan bahan-bahan sederhana dan mudah didapat kamu dapat membuat masker rambut sendiri.Seperti menggunakan cuka, caranya campur satu cup cuka dengan dua cup air dengan merata. Masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan ke rambut secukupnya setelah rambut diberi sampo. Sisir rambut sedikit dan biarkan sebentar, lalu lanjutkan membilas rambut sampai bersih dan beri kondisioner.

Add a Comment