Tips Mengatasi Anak Yang Tidak Mau Pakai Masker

Mengatasi Anak Tidak Mau Pakai Masker

PrimaBerita – Masa pandemi corona, anda dan keluar harus menjaga kesehatan agar tidak terserang virus corona. Untuk menghindari virus sangat wajib untuk menggunakan masker. Namun meminta anak menggunakan masker. Ada tips untuk mengatasi anak yang tidak mau pakai  Masker.

Sebagian orang tua mengalami kendala dalam membiasakan sang buah hati menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan.

Usia Ideal Anak Memakai Masker

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan anak berusia 2 tahun ke atas untuk mengenakan masker kain. Anak pada uusia 2 tahun belum perlu ,menggunakan  masker karena berisiko tercekik.
Apalagi saluran pernapasan bayi di bawah 2 tahun masih kecil, jadi akan sulit bernapas jika memakai masker.

Cara Mengatasi Anak tidak mau Pakai Masker

Orang tua perlu memahami bahwa anak-anak sudah sewajarnya aktif dan mudah resah, sehingga pemakaian masker pada anak perlu penyesuaian dan kesabaran dari orang tua. Berikut tips agar anak terbiasa pakai masker saat keluar rumah.

1. Konsisten

Ingatkan anak-anak untuk memakai selalu memakai masker, sama seperti Anda. Terus pantau dan ingatkan agar anak tidak menyentuh masker dan tetap menutupi mulut dan hidung mereka.

2. Biarkan anak memilih masker favoritnya

Sementara itu, WHO menyarankan anak menggunakan masker jenis nonmedis atau kain. Sekarang sudah banyak tersedia masker dengan karakter lucu dan unik.

Anda bisa membebaskan anak untuk memilih masker dengan karakter atau warna yang amak sukai. Semakin mereka suka dengan maskernya, semakin semangat anak menggunakannya.

3. Foto

Ketika anak mau memakai masker, Anda bisa memuji penampilan mereka dan mengambil foto, atau sekadar bercermin bersamanya.

4, Pakaikan di boneka

Anda bisa mengajari anak dengan mencontohkan. Misalnya untuk anak-anak yang lebih kecil, pakaikan masker pada boneka agar mereka merasa bahwa pakai masker adalah hal yang wajar dan normal.

Add a Comment