Hati-Hati Kebiasaan Ini Dapat Mengganggu Kesehatan Mental

Primaberita.com –  Kesehatan menjadi harta yang berharga bagi setiap manusia. Karena tanpa kesehatan manusia akan sulit untuk beraktivitas, seperti bekerja. Oleh sebab itu menjaga kesehatan adalah hal wajib yang harus dilakukan.

Tidak hanya kesehatan fisik yang harus diperhatikan, kesehatan mental juga sangat berperan penting dalam kehidupan. Untuk menjaga kesehatan mental sebaiknya jauhi beberapa kebiasaan berikut :

1. Terlalu Lama Bermain Social Media

Tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang kita memasuki era social media, dimana sebagian besar banyak yang menghabiskan waktunya untuk bermain social media. Social media sudah seperti zat adiktif yang membuat penggunanya merasa kecanduan. Ada efek negatif yang ditimbulkan jika terlalu lama bermain di social media, yaitu dapat menimbulkan rasa iri atas postingan teman teman sehingga menurunkan mood, dan itu dapat meningkatkan resiko terjadinya depresi.

2. Perfeksionis

Seseorang dengan sifat perfeksionis selalu menginginkan hal yang sempurna, dan menginginkan semua hal berjalan sesuai dengan rencana. Perilaku seperti ini tak jarang menimbulkan kekecewaan, karena tidak semua hal dapat berjalan sesuai dengan rencana. Dan tentu saja hal ini dapat meningkatkan stress dan rentan terhadap anxiety disorder (gangguan kecemasan).

3. Memendam Amarah

Orang yang tidak bisa meluapkan amarahnya rentan terhadap berbagai gejala depresi. Oleh karena itu luapkanlah semua emosi yang kamu rasakan jangan suka memendamnya karena akan berakibat buruk bagi kesehatan mental.

4. Kurang Istirahat

Kurang tidur tidak hanya membuat mengantuk tetapi mengacaukan kinerja sistem tubuh. Selain itu dapat meningkatkan resiko terjadinya gangguan mental, seperti bipolar disorder, dan depresi.

5. Rendah Diri

Orang rendah diri cenderung memiliki sifat minder. menilai dirinya serba kurang, dan selalu menyalahkan diri sendiri tentu ini akan meningkatkan stress dalam diri dan berujung pada depresi.

Add a Comment