Kesehatan

Mengenal Penyakit Fibromyalgia, Penyakit Mengerikan Yang Di Derita Lady Gaga

Primaberita.com – Penyanyi Lady Gaga didiagnosa penyakit kronis fibromyalgia yang membuat sekujur tubuhnya terasa sakit. Akibat penyakit ini ia harus membatalkan turnya keliling Eropa.

Fibromyalgia adalah nyeri pada tulang dan otot yang menjalar ke bagian bagian tubuh dari lokasi nyeri itu berasal. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri dan kaku. Kebanyakan para pasien memiliki minimal 11 titik pada tubuh yang sangat lembut dan menimbulkan nyeri ketika disentuh. Penyakit ini dapat menyerang siapapun termasuk anak-anak, akan tetapi wanita memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena penyakit ini.

Gejala umum yang timbul dari penyakit ini adalah, timbulnya rasa sakit yang menyebar ke seluruh tubuh, rasa sakit yang timbul dapat berupa sensasi terbakar seperti ditusuk-tusuk, atau nyeri tumpul yang terus dirasakan selama 12 minggu. Kadang juga disertai oto kaku, sulit tidur dan kelelahan, sakit kepala, dan kram perut.

Penyebab utama dari penyakit ini belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa serotonin berperan dalam terjadinya kondisi ini. Serotonin memiliki berbagai peran dalam tubuh manusia  seperti mengatur suasana hati atau nafsu makan. Penderita fibromyalgia menghasilkan serotonin yang lebih sedikit dari orang normal.

Penanganan penyakit ini berbeda untuk tiap penderita, namun pada umumnya ditangani dengan obat-obatan terapi psikologis, dan terapi fisik untuk meringankan rasa sakit yang di derita.

Tinggalkan Balasan