Pantas Saja Seseorang Gampang Marah, Ternyata Ini Lho Penyebabnya!

Penyebab seseorang gampang marah

PrimaBerita – Penyebab seseorang gampang marah bisa berbeda-beda. Ada yang gampang marah karena situasi sosial lingkungannya kurang baik. Namun ada pula yang gampang marah karena sedang merasakan lapar.

Supaya anda lebih memahami, ternyata ada beberapa faktor penyebab seseorang gampang marah.

Hormon Tidak Seimbang

Hormon memiliki peran penting dalam membantu mengendalikan proses tubuh. Maka untuk itu seseorang perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, mencukupi kebutuhan tidur malam hari, serta menghindari stres. Karena hal-hal tersebut berkontribusi dalam ketidakseimbangan hormon.

Kurang Tidur

Kurang tidur bisa menjadi salah satu faktor seseorang lebih mudah marah. Pasalnya sebuah penelitian dari Iowa State University mengungkapkan walau seseorang kurang tidur hanya beberapa jam saja, ini bisa menyebabkan seseorang lebih mudah marah. Apalagi jika situasinya cenderung membuat frustasi.

Baca Juga: Jangan Panik! Lakukan 7 Hal Untuk Menghadapi Bos Marah

Depresi

Hal lumrah bila suasana hati yang kurang baik mampu menyebabkan seseorang gampang marah. Bahkan bisa menyerang siapa saja. Namun sebisa mungkin kita hindari stres ataupun depresi tersebut. Maka dengan demikian berkonsultasi ke bagian psikolog maupun ke psikiater adalah sebuah pilihan yang tepat. Sebab jika dibiarkan secara terus-menerus maka dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Overdosis Kafein

Minuman berkafein seperti kopi dapat mencegah kantuk hingga memberikan sensasi yang imajinatif. Hal ini memang sah-sah saja. Namun bukan berarti mengonsumsinya secara berlebihan sebab tentu saja ada dampak buruk dibaliknya. Seseorang cenderung lebih mudah marah.

Melansir dari Medical Daily, kafein dapat menstimulasi saraf pusat. Pada kasus ini, kafein bisa menipu otak untuk melepas hormon dopamin, andrenalin, dan juga serotonin. Konsumsi kafein berlebih juga dapat membuat seseorang mudah tersinggung.

Efek Samping Obat

Mungkin ada tidak menyangka bahwa efek samping obat bisa memicu orang lebih mudah marah. Healthgrades mengatakan ini dapat terjadi karena obat dan zat secara langsung bisa mempengaruhi sistem saraf. Namun meski demikian tak ada salahnya juga untuk anda mengecek apakah memang benar dari efek samping dari obat atau tidak.

Add a Comment