Awas !! Bahaya Untuk Pengidap Anosmia, Gejala Hilang Penciuman

Bahaya Untuk Pengidap Anosmia

PrimaBerita – Biasanya, saat flu berat menyerang, maka tidak akan bisa mencium bau atau aroma untuk sesaat. Meski begitu, kondisi ini tidak berlangsung lama. Segera setelah flu sembuh, kemampuan penciuman pun akan kembali seperti semula. Sebaiknya anda berhati-hati jika anda salah kenali aroma bisa jadi anosmia.

Normalnya, ketika ada aroma yang beredar di udara, sel saraf penciuman akan memberi sinyal ke otak, sehingga anda bisa mengidentifikasi dan mengenali bau. Namun, indera penciuman pengidap anosmia tidak bisa berfungsi secara semestinya sehingga tidak bisa mengetahui adanya bau.

Penyebab Anosmia

Umumnya, penyebab anosmia adalah hidung tersumbat karena flu, alergi, infeksi sinus, atau kualitas udara yang buruk. Selain itu, juga bisa karena beberapa hal ini :

  • Polip hidung yang menghambat saluran pernapasan.
  • Cedera pada hidung dan saraf penciuman akibat operasi atau trauma kepala.
  • Terkena bahan-bahan kimia beracun, seperti pestisida.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti antibiotik, antidepresan, antiperadangan, dan obat untuk penyakit jantung.
  • Penyalahgunaan obat terlarang seperti kokain.
  • Beberapa kondisi kesehatan ini juga bisa menyebabkan anosmia, yaitu usia yang sudah lanjut (di atas 60 tahun), parkinson, penyakit alzheimer, diabetes, tumor otak, gangguan nutrisi, riwayat operasi hidung, dan multiple sclerosis.

Belum lama anosmia juga menjadi gejala dari infeksi virus corona. Jadi, jika anda mengalami hilangnya kemampuan mencium aroma dengan gejala lain, segera lakukan penanganan.

Berikut Bahaya Untuk Pengidap Anosmia, Gejala Hilang Penciuman

Jika pengidap anosmia mengalami beberapa hal ini sebaiknya berhati-hati terhadap bahaya berikut ini :

Keracunan Makanan

Pengidap anosmia tidak bisa mencium bau busuk dari makanan yang sudah basi atau kedaluwarsa sehingga jika tidak berhati-hati, pengidap bisa mengalami keracunan makanan.  Ada baiknya lebih cermat melihat kondisi bahan makanan dan memeriksa tanggal kedaluwarsanya.

Mengalami Penurunan Berat Badan

Jika dapat mencium aroma makanan tentu akan merangsang nafsu makan seseorang. Namun karena kehilangan penciuman, pengidap bisa saja kehilangan nafsu makan sehingga berat badan menurun.

Kurang Mawas Diri

Kehilangan kemampuan penciuman membuat pengidap anosmia kurang peka terhadap bahaya di rumah, seperti kebakaran atau kebocoran gas.  Sebaiknya, bagi pengidap anosmia yang tinggal sendiri dalam rumah memasang alarm kebakaran atau pendeteksi asap.

Add a Comment