Cara Merawat Charger HP Agar Tidak Cepat Rusak

cara merawat charger Hp

PrimaBerita – Charger handphone atau Hp merupakan alat khusus yang bisa anda gunakan untuk mengisi baterai pada hp anda.Namun sering sekali belum beberapa lama charger yang anda gunakan tidak bisa mengisi. Ada beberapa cara merawat charger hp yang bisa anda lakukan agar tidak cepat rusak.

Cara kerja charger yaitu dengan memasukkan arus listrik ke dalam baterai Hp sebagai alat perantara. Setiap charger umumnya memiliki bentuk port yang berbeda serta kriteria tersendiri yang telah sesuai dengan spesifikasi pada Hp dari charger tersebut.

Pada zaman sekarang kabel charger merupakan aksesori terpenting dari smartphone sekaligus yang paling sering rusak. Tetapi hal ini sering kali dianggap pengguna smartphone sebagai masalah sepele karena untuk mengganti kabel charger smartphone yang baru tidak perlu biaya mahal. Padahal kabel charger yang murah belum tentu cocok dengan hp anda dan bisa menimbulkan kerusakan  pula. Agar tehindar dari kerusakan charger sangat penting untuk merawatnya.

Berikut Cara Merawat Charger HP Agar Tidak Cepat Rusak

Lepaskan charger dari stop kontak

Saat sudah tidak terpakai lagi, pastikan charger yang anda miliki sudah tidak terhubung lagi dengan stop kontak. Karena agar kabel charger anda tidak mengalami kelebihan muatan yang menyebabkannya rusak bahkan terbakar.

Jangan Tumpuk dalam tas

Kabel yang tertumpuk atau tertekan barang-barang lain saat berada dalam tas dapat menyebabkannya bengkok dan rusak meski sudah anda gulung dengan benar.

Jika anda bepergian lebih baik simpan kabel milik anda pada bagian terluar dari isi tas agar tidak tertumpuk dan juga mudah anda jangkau saat anda butuhkan. Bahkan akan lebih baik lagi jika anda menyimpannya pada bagian terpisah dari tas anda.

Jangan Menggunakan Hp Saat Charging

Menggunakan smartphone saat sedang charging juga dapat menyebabkan kabel charger yang anda gunakan cepat rusak.

Jangan gulung asal-asalan atau tekuk kabel charger

Kebiasaan menggulungnya asal-asalan atau bahkan menekuk kabel charger hingga bagian sambungan antara kabel dengan ujung USB port tidak presisi seperti awal.

Tekanan dari gulungan dan tekukan yang asal-asalan itu bisa jadi salah satu penyebab kabel charger anda cepat rusak. Sehingga bagian dalamnya putus sehingga tidak optimal lagi untuk menghantarkan listrik.

 

Add a Comment