Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat

cara menurunkan kolesterol tinggi

PrimaBerita – Sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol pasalnya kolesterol tinggi dapat menjadi akar dari berbagai penyakit serius. Jika kolesterol tinggi anda dapat melakukan cara alami menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat.

Kolesterol membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak namun jika kadarnya tinggi sebaiknya harus anda turunkan. Anda dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi  dengan cara memperbaiki pola makan yang sehat.

Berikut Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat :

Konsumsi Sayur dan Buah

Banyak mengonsumsi sayur dan buah bisa mempercepat penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat dalam sayur dan buah membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jumlah konsumsi sayur dan buah yang baik untuk menurunkan kolesterol adalah sekitar 500 gram setiap harinya.

Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak mengandung banyak kolesterol sehingga menjadi musuh bagi pengidap kolesterol tinggi.  Untuk itu hindari mengonsumsi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan.  Pilihlah makanan yang rendah lemak, seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

Konsumsi Makanan yang Kaya Omega-3

Makanan dengan kandungan tinggi omega-3 merupakan jenis makanan yang disarankan bagi pengidap kolesterol tinggi. Pasalnya, makanan kaya omega-3 dapat membantu turunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah. Beberapa pilihan makanan kaya omega-3 yang disarankan adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

Konsumsi Makanan Mengandung Serat Larut

Beberapa pilihan makanan kaya serat larut yang bisa anda konsumsi adalah alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami, dan gandum.

Anda juga bisa mengonsumsi produk suplemen atau minuman yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin. Beta glucan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sedangkan inulin bermanfaat untuk menurunkan kolesterol total dan trigliserida dalam darah.

Kontrol Berat Badan

Orang dengan berat badan berlebih lebih rentan mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, terapkan diet sehat untuk menurunkan dan menjaga berat badan ideal.

Olahraga Teratur

Olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, tetapi juga membantu penurunan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Berolahraga lah secara teratur untuk menjaga kadar kolesterol anda.

Hindari Rokok

Kebiasaan merokok dapat membawa banyak efek buruk bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah mengganggu keseimbangan kadar kolesterol. Jika anda memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya segera hentikan. Selain itu, anda juga harus menghindari asap rokok.

Add a Comment