Awas Meledak ! Begini Cara Mengatasi Smartphone agar Tidak Overheat

cara mengatasi smartphone overheat

PrimaBerita – Ketika anda terlalu lama menggunakan smartphone bisa membuat beban kerja perangkat semakin berat. Hal ini akan bisa beresiko membuat smartphone anda meledak karena overheat. Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi smartphone agar tidak overheat agar tidak meledak.

Selain beban kerja, ada hal lain yang menyebabkan smartphone jadi overheat. Yakni, kondisi ruangan yang panas, adanya virus, malware, penggunaan aplikasi yang berlebihan, hingga masalah pada charger yang sering anda gunakan.

Jika smartphone anda overheat, imbasnya akan menurunkan kinerja smartphone, yang mana baterai jadi lebih cepat habis. Parahnya lagi akan terjadi penggelembungan baterai dan meledak.

Cara Mengatasi Smartphone agar tidak Overheat

Gunakan Charger resmi

Dalam kondisi pengisian daya, usahakan menggunakan charger resmi yang produsen smartphone yang anda pakai keluarkan. Charger resmi memiliki aturan baku yang tak akan mencederai smartphone anda.

Kemudian, ketika anda sedang mengisi daya, tempatkan smartphone anda pada permukaan yang datar dan keras.

Misalnya, meja belajar atau papan yang cukup kuat. Hindari menaruh smartphone pada tempat yang lunak seperti kasur atau tumpukan baju, karena akan membuat panas berkumpul pada sekitar smartphone.

Hindari juga pemakaian smartphone ketika anda  charge. Itu hanya akan menambah suhu panas antara penggunaan aplikasi dan panas charging.

Perhatikan Lingkungan

Selain faktor alat pengisi daya, lingkungan juga punya peran dalam meningkatkan suhu smartphone. Sebisa mungkin, anda perlu menghindari ruangan panas atau sempit. Misalnya penggunaan smartphone dalam dapur pada waktu yang lama, atau menyimpannya pada saku celana.

Anda tentu pernah merasakan hawa panas yang  smartphone keluarkan. Ketika pemakaian di luar ruangan, hindari sinar matahari langsung. Pasalnya, material smartphone anda bisa menyerap panas matahari, sehingga membuatnya lebih panas dari pemakaian normal.

Istirahatkan Smartphone

Selanjutnya, dalam pemakaian jangka panjang, kamu perlu memberikan waktu istirahat bagi smartphone anda. ketika terasa mulai panas. Anda bisa coba dengan menutup semua aplikasi yang berjalan.

Kemudian, letakkan smartphone pada tempat sejuk sementara waktu, seperti ubin atau meja datar yang tidak panas.

Add a Comment