Tips Mengajari Anak Supaya Bisa Puasa Ramadan

tips mengajari anak puasa

PrimaBerita – Ada empat tips yang boleh anda terapkan untuk mengajari anak supaya bisa menjalankan puasa ramadan dengan baik. Hari ini, umat islam sudah mulai menjalankan ibadah puasa.

Bagi seseorang yang sudah akil baligh, ibadah puasa ramadan memang diwajibkan. Akan tetapi orang tua idealnya sudah mulai bisa mengajari anak berpuasa sejak dini. Berikut sederet tipsnya.

4 Tips Mengajari Anak Puasa Ramadan

  1. Kenalkan Tentang Puasa

Sebelum mengajak si kecil melakukan praktik berpuasa, ada bagusnya terlebih dahulu memperkenalkan anak dengan aktivitas puasa. Untuk hal ini orang tua bisa mengajari anak tentang puasa lewat buku maupun media lainnya. Kemudian saat mengajarkan hal tersebut, jelaskan pula kepada anak mengenai tujuan dan makna puasa. Selain itu sebaiknya hindarilah membandingkan anak dengan anak-anak yang lain, termasuk membandingkannya dengan saudara sepupunya.

  1. Melatih Puasa

Bila si kecil sudah paham akan aktivitas puasa namun belum bisa ikut berpuasa, orang tua bisa mulai melibatkannya dengan kegiatan puasa lain. Misalnya mengajak anak untuk bangun pada waktu sahur. Kemudian biarkan saja anak melanjutkan tidurnya kembali setelah ikut sahur. Sementara itu anak yang sedang belajar puasa juga tidak harus melakukan puasa dengan penuh waktu.

  1. Sesuaikan Aktivitas Anak

Ada beberapa hal yang perlu orang tua perhatikan sebelum mengajak anak untuk berpuasa. Misalnya memperhatikan kondisi kesehatan anak. Mengutip dari sebuah sumber, pendekatan soal puasa terhadap anak dengan penyakit tertentu dengan anak lainnya mungkin akan berbeda. Lalu penting pula untuk mengenali perilaku makan anak jika orang tua ingin mengenalkan perihal puasa kepada anak.

  1. Memberikan Apresiasi dan Contoh yang Baik

Orangtua juga boleh menerapkan sistem pemberian penghargaan jika anak menunjukkan perkembangan atau kemajuan yang baik selama belajar untuk berpuasa. Berikanlah penghargaan yang bersifat mendidik kepada anak. Namun jangan lupa pula agar orang tua selalu menunjukkan aktivitas-aktivitas apa saja yang baik dilakukan saat bulan puasa.

Lihat Juga: Jangan Makan Makanan Ini Saat Bulan Puasa, Bisa Memberi Efek bagi Tubuh

Add a Comment