Jangan Makan Makanan Ini Saat Bulan Puasa, Bisa Memberi Efek bagi Tubuh

PrimaBerita – Bulan Ramadhan atau bulan puasa merupakan bulan untuk menahan lapar dan haus. Saat puasa cenderung membuat orang memakan segalanya saat berbuka atau sahur. Jangan sampai anda makan makanan ini saat bulan puasa agar kondisi perut tetap sehat.

Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang selama puasa menjadikan tubuh tetap fit. Selain perut tidak akan kacau sehingga penyakit atau masalah pencernaan tidak akan berani muncul pada saat puasa.

Untuk itu, jangan makan makanan yang sembarang saat bulan puasa seperti berikut ini, Hindari :

1. Gorengan

Lemak dan minyak berlebih yang terkandung di dalam gorengan memberi efek buruk bagi tubuh. Maka saat puasa usai, berat badan akan bertambah. Jika rutin makan gorengan saat buka puasa, berat badan bertambah saat bulan puasa usai. Timbunan lemak jahat memang bisa menyebabkan kegemukan.

Minyak dari gorengan juga akan mengendap lama di saluran pencernaan dan mengganggu sistem pencernaan. Jadi sebaiknya pilihlah makanan saat puasa yang lebih sehat, seperti sayuran dan buah.

2. Makanan Pedas

Jenis makanan pedas  membuat pencernaan terganggu dan lebih berisiko menderita diare. Jika sudah diare, penyerapan nutrisi yang masuk ke tubuh tidak akan maksimal. Hasilnya, tubuh akan kekurangan gizi selama puasa. Jadi jika ingin makan pedas, jangan berlebihan. Porsinya cukup, makanan pedas bisa bermanfaat. Misalnya makanan pedas bisa membantu kalian yang sulit BAB selama puasa.

4. Makanan yang Terlalu Manis

Pilih makanan dengan kandungan gula yang sehat, seperti yang berasal dari buah Semangka, Kurma, atau Melon. Kurma jadi makanan saat puasa yang sangat baik dikonsumsi karena termasuk karbohidrat kompleks yang membantu proses metabolisme energi tubuh.

5. Makanan Yang Berlemak

Sebenarnya tak apa mengonsumsi lemak asal jangan berlebihan. Kalau berlebihan bisa bikin gemuk dan bikin kerja lambung jadi berat. Lemak juga bisa membuat cepat kenyang dan kehilangan selera untuk mengonsumsi makanan lainnya.

6. Mie Instan & Makanan Kaleng

Jangan konsumsi Mie Instan atau Makanan kaleng saat berbuka puasa atau sahur. Mie instan bisa membuat tubuh kamu kesulitan menyerap nutrisi dari makanan bergizi lainnya. Mie instan juga bikin tubuh tak punya tenaga saat puasa, rasa kenyang yang dihasilkan saat sahur hanya sementara. Sedangkan makanan kaleng mengandung nilai gizi yang lebih rendah dari makanan yang segar.

7. Makanan Yang Terlalu Asin

Jika mengonsumsi makanan saat puasa yang asin-asin pada waktu sahur, Anda akan merasa lebih haus dan bisa membuat tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi. Ini karena garam bisa mengikat air dari tubuh lalu ditahan di sela-sela sel, jadi cairan tidak disebarkan ke seluruh tubuh dengan baik.

Add a Comment